Info Mudik Gratis Kemenhub 2024, Cek Tanggal dan Syarat Pendaftarannya di Sini

Info Mudik Gratis Kemenhub 2024, Cek Tanggal dan Syarat Pendaftarannya di Sini

Sejumlah masyarakat menggunakan momen Lebaran dengan mudik ke kampung halaman menggunakan bus di terminal.-FIN/Tangkapan Layar-Google Photos

FIN.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menginisiasi program mudik gratis bagi masyarakat pada tahun ini.

Program mudik gratis Kemenhub 2024 menawarkan beragam moda transportasi, seperti bus, kereta api, dan kapal laut.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mengatasi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, menyatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa pihaknya mengundang masyarakat untuk bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub.

BACA JUGA:

Program ini tidak hanya menyediakan transportasi bagi penumpang, tetapi juga menyediakan pengangkutan gratis untuk sepeda motor, sehingga memudahkan mobilitas di tempat tujuan.

Program mudik gratis Kemenhub 2024 tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api, dengan titik-titik penjemputan di beberapa simpul transportasi.


Pendaftaran Mudik Motor Gratis (Motis) Kemenhub telah dibuka--ist

Untuk jalur darat, program ini mencakup pengangkutan sepeda motor dengan bus dan truk. Pendaftaran program mudik gratis sepeda motor dengan bus dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai dari tanggal 5 Maret hingga 3 April 2024.

Selama arus mudik dan balik, tersedia sebanyak 722 unit bus untuk 30.088 penumpang, serta 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

BACA JUGA:

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada tanggal 5-7 April 2024, sementara arus balik direncanakan pada tanggal 14-15 April 2024.

Untuk jalur kereta api, tersedia pula program mudik gratis sepeda motor dengan kuota sebanyak 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.


Info Mudik Gratis BUMN, Image: Felix Büsselmann / Pexels--

Tiket program mudik gratis dari Kemenhub via kereta api dapat diperoleh mulai dari tanggal 4 Maret hingga 18 April 2024.

Jadwal keberangkatan arus mudik dengan kereta api direncanakan pada tanggal 2-8 April 2024, sedangkan arus balik dijadwalkan pada tanggal 13-19 April 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Brigita

Tentang Penulis

Sumber: