Yakini Pemenang Pemilu 2024, AHY Tolak Halus Hak Angket

Yakini Pemenang Pemilu 2024, AHY Tolak Halus Hak Angket

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ditemani sag istri Annisa Larasati Pohan saat memberikan keterangan kepada wartawan.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meyakini pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar sebagai pemenang Pilpres 2024. Walaupun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan penghitungan suara atau masih penghitungan sementara.

"Saya punya keyakinan, walaupun sekarang masih penghitungan sementara, tapi yang jelas sudah bisa terbaca siapa yang menjadi pemenang Pemilu," kata AHY di Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

BACA JUGA:

Meski demikian, dia meminta seluruh pihak dapat menghormati tahapan pemilu sampai tuntas. Karena tantangan pemerintahan lima hingga sepuluh tahun ke depan akan lebih kompleks.

"Yang jelas kita tidak usah prejudice soal kecurangan dan sebagainya. Saya tahu ini adalah bagian ekspresi dari berbagai kalangan pascapenghitungan suara. Itu wajar," kata AHY.

Oleh karenanya, ia mengajak rekonsiliasi bangsa dan memberikan ruang untuk demokrasi. Dia menilai, mekanisme penggunaan hak angket oleh DPR dalam menyelidiki dugaan kecurangan pemilu merupakan hak partai politik dan hak warga negara.

"Tetapi saya tidak ingin terjebak kita terlalu carut marut dalam isu-isu semacam itu. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan," pungkasnya.

Sekadar diketahui, data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat progres surat suara Pilpres 2024, yang masuk sudah mencapai 608.220 tempat pemungutan suara (TPS) atau 73,88 persen dari total 823.236 TPS.

Berdasarkan data itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 60.323.961 suara atau 58,76 persen dari total suara.

BACA JUGA:

Disusul pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 24,22 persen suara dan pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md meraih 17,02 persen suara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: