Jadi Menteri ATR/BPN, AHY: Ini Momentum Bersejarah Demokrat Kembali ke Pemerintahan

Jadi Menteri ATR/BPN, AHY: Ini Momentum Bersejarah Demokrat Kembali ke Pemerintahan

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai dilantik sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara hari ini.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Dilantiknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan momentum bersejarah kembalinya Partai Demokrat ke pemerintahan.

Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengatakan, dengan bergabungnya partai berlambang bintang mercy itu ke pemerintahan, maka perjuangan Partai Demokrat bisa semakin terwujud.

BACA JUGA:

"Banyak yang mungkin belum menyadari, Demokrat selama sembilan tahun empat bulan berada di luar pemerintahan. Ini sebuah momentum bersejarah. Karena alhamdulillah apa yang kami perjuangan selama ini bisa lebih direalisasikan jika Demokrat bergabung di pemerintahan," kata AHY usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

AHY mengatakan, bergabungnya Demokrat ke pemeritahan akan memudahkan dalam kontribusinya untuk masyarakat. Hal tersebut bisa melalui pengambilan kebijakan yang berdampak terhadap masyarakat.

"Karena kan kebijakan itu di tangan eksekutif, walaupun perjuangan di parlemen juga sangat penting," ujarnya.

AHY menegaskan, Partai Demokrat akan mengawal sisa masa pemerintahan Presiden Jokowi. Khususnya dalam menyelesaikan pekerjaan dan target-target di bidang agraria dan tata ruang, serta menuntaskan berbagai isu pertanahan.

"Yang jelas, kalau ditanya, keluarga besar Demokrat sangat senang. Karena bagaimana pun memang tujuan utama dari politik, termasuk partai politik, adalah bisa berkontribusi seluas-luasnya melalui jalur pemerintahan, eksekutif, maupun legislatif," terangnya.

Sekadar diketahui, Presiden Jokowi melantik AHY sebagai menteri ATR/kepala BPN untuk menggantikan Hadi Tjahjanto, yang secara bersamaan juga dilantik sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam).

Jokowi mengatakan tidak ragu memberikan posisi menteri ATR/kepala BPN kepada AHY. Pasalnya, sambung dia, dengan mempertimbangkan kiprah AHY di bidang politik dan menyoroti pendidikan di akademi militer maupun non-militer.

Pelantikan AHY dan Hadi dilakukan secara bersamaan sesuai Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024, yang ditetapkan Presiden Jokowi pada 20 Februari 2024.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: