Harga Beras Naik, Mendag Zulhas Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Begini Katanya

Harga Beras Naik, Mendag Zulhas Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Begini Katanya

Ilustrasi - Stok Beras--ist

FIN.CO.ID- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta masyarakat agar tak perlu khawatir dengan harga beras yang melonjak naik. 

Zulhas- sapaan Zulkifli Hasan- bilang, masyarakat bisa beralih ke beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). 

Beras SPHP dengan harga jual sesuai harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp54.000 per 5 kilogram. 

BACA JUGA:

Selain itu, pemerintah melalui Perum Bulog akan menyalurkan beras SPHP ke ritel modern guna mengatasi keterlambatan pasokan beras premium.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, jadi kalau beras premium mengalami kenaikan, masyarakat bisa membeli beras SPHP yang tersedianya di pasar rakyat dan ritel modern," Jelas Zulhas, Senin 19 Februari 2024.

Dia mengatakan bahwa pemerintah akan mempercepat penyaluran beras SPHP ke pasar rakyat dan ritel modern guna menjaga stabilitas harga komoditas tersebut.

BACA JUGA:

"Pemerintah mengambil solusi untuk mempercepat penyaluran beras SPHP dari Bulog guna mengantisipasi kenaikan harga beras premium di ritel modern," kata Zulkifli. 

Mendag mengatakan saat ini pasokan beras premium tidak sebanyak kondisi normal karena adanya gangguan fenomena cuaca El Nino yang mengakibatkan mundurnya masa tanam dan panen.

"Suplai lokal beras premium tidak sebanyak dulu karena El Nino sehingga harganya naik. Sekarang ada beras Bulog SPHP yang menjadi alternatif. Gangguan suplai ke pasar harus ditanggulangi agar tidak melambat," jelas Zulkifli.​​​​​​​

Ia menyampaikan bahwa saat ini terpantau stok beras Bulog tersedia cukup melimpah yang tercatat lebih dari 1 juta ton. 

Pemerintah pun siap menyalurkan beras Bulog untuk mengisi pasokan di pasar rakyat dan ritel modern melalui program SPHP beras di tingkat konsumen.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso meninjau Transmart Cempaka Putih dan Pasar Rawasari, dan ritel modern Transmart di pusat perbelanjaan Mall Kota Kasablanka, Jakarta.​​​​​​​

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: