Tegas, PDIP Oposisi: Menang Hattrick Pemilu, di Luar Pemerintahan Tugas Patriotik!

Tegas, PDIP Oposisi: Menang Hattrick Pemilu, di Luar Pemerintahan Tugas Patriotik!

PDIP Oposisi, Menang Hattrick Pemilu, di Luar Pemerintahan Tugas Patriotik-fin/PDIP-X Twitter

FIN.CO.ID - Dugaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengambil sikap oposisi semakin kuat. Melalui cuitan di akun X alias Twitter resminya, partai berlambang banteng itu telah menegaskan sikapnya. 

"Peran di luar pemerintahan menjadi tugas patriotik. Terutama mengingat perjalanan PDI Perjuangan pasca Pemilu 2004 dan Pemilu 2009 yang penuh pasang naik surut, mencerminkan perjalanan partai yang penuh tantangan," tulis PDIP seperti dikutip fin.co.id dari akun X @PDI_Perjuangan pada Senin, 19 Februari 2024.

Dugaan PDIP bakal  menjadi oposisi kian santer belakangan ini. Terlebih, PDIP diprediksi bakal menjadi parpol pemenang Pemilu Legislatif 2024. 

Berdasarkan hasil Quick Count, PDIP dinyatakan sebagai parpol  dengan perolehan suara terbanyak. Begitu juga dengan Real Count KPU RI. 

Dilihat dari situs https://pemilu2024.kpu.go.id pada Senin, 19 Februari 2024 pukul 13.06 WIB, dengan suara masuk 56.47 persen, PDIP menempati posisi pertama dengan raihan 10.629.766 atau 16.15 persen.

BACA JUGA:

Posisi kedua adalah Golkar dengan perolehan suara 9.466.919 atau 14.38 persen. Di tempat ketiga Partai Gerindra yang mendapat 8.325.377 atau 12.65 persen. 

Meski unggul perolehan jumlah suara, namun kemenangan jumlah provinsi didominasi Golkar. Partai Beringin menang di 16 provinsi. 

Sementara PDIP unggul di 9 provinsi. Kemudian Partai Gerindra mendominasi di 5 provinsi. Selanjutnya Partai NasDem menguasai 4 provinsi. 

"Bersiap menuju menang hattrick Pemilu. Tetap semangat dan fokus menjaga dan mengawal proses Pemilu 2024. Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan untuk PDI Perjuangan," tulis PDIP.


Data Sirekap 51.28 Persen PDIP 16.43 Persen Golkar 14.64 Persen dan Gerindra 12.71 Persen-fin/diolah-

 

Respons Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan menanggapi pertanyaan wartawan terkait sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang bakal berada di luar pemerintahan atau oposisi Prabowo-Gibran. Bahkan, Jokowi meminta media untuk menanyakan hal itu kepada elite PDIP.

BACA JUGA:

“Ya ditanyakan saja kepada beliau-beliau yang ada di PDI Perjuangan,” kata Jokowi singkat usai peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit TNI, di Jakarta, Senin 19 Februari 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: