Ini 9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ini 9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

ilustrasi puasa--

FIN.CO.ID - Apakah manfaat puasa hanya sebatas itu? Tentu tidak. Untuk mengetahui manfaat puasa bagi tubuh secara lebih lengkap, mari simak artikel berikut ini.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila dilakukan dengan benar, puasa memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Selain memberikan dampak positif pada kesehatan fisik, puasa juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan mental, manfaat puasa bagi kesehatan iyalah:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama dari puasa terletak pada penurunan berat badan. Puasa dapat merangsang metabolisme tubuh, sehingga meningkatkan pembakaran kalori dan lemak. Dampak ini berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah kelebihan berat badan atau obesitas.

BACA JUGA:

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yang menjalani puasa selama satu bulan penuh ternyata memiliki risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak berpuasa. Ini karena puasa memungkinkan seseorang mengatur pola makan menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa orang salah mengira bahwa puasa dapat menurunkan metabolisme, padahal sebenarnya salah satu manfaatnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Ini karena saat sahur dan berbuka, tubuh tetap mendapatkan asupan makanan.

4. Mengendalikan Nafsu Makan

Salah satu tujuan puasa adalah mengembalikan kontrol nafsu makan ke tingkat normal. Penderita obesitas seringkali mengalami kesulitan dalam mengatur hormon yang memicu rasa lapar, sehingga cenderung makan berlebihan.  

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa yang tak boleh dilewatkan adalah pengaruhnya terhadap kesehatan otak. Puasa dapat merangsang produksi protein yang mendukung pembentukan dan perkembangan saraf. Protein ini mendorong sel punca di otak untuk menghasilkan sel-sel saraf baru, memicu reaksi kimia yang bermanfaat bagi sistem kerja otak, serta melindungi sel otak dari kelainan seperti Alzheimer.

6. Mengaktifkan Detoksifikasi

Manfaat puasa untuk kesehatan juga melibatkan pengurangan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau proses detoksifikasi.Detoksifikasi adalah proses dimana tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat sambil memberikan kesempatan untuk mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Jerawat 

Manfaat puasa bagi kesehatan juga mencakup perawatan kulit, termasuk pencegahan jerawat. Puasa dapat mempercepat proses regenerasi kulit karena tubuh tidak perlu fokus pada pencernaan makanan.

8. Mengurangi Resiko Diabetes

Selama berpuasa, kadar gula darah cenderung menurun karena tubuh menggunakan cadangan gula sebagai sumber energi. Puasa diketahui dapat mengatur kadar gula darah pada individu yang tidak menderita diabetes dengan mengurangi resistensi terhadap insulin, Menurunnya resistensi insulin dapat meningkatkan penyerapan gula secara efisien, menjaga gula darah tetap stabil.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan mental termasuk kemampuan dalam mengatasi stres secara lebih efektif, peningkatan suasana hati, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan dengan lebih mudah.

Demikianlah beberapa manfaat puasa yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan. Jika Anda mengalami gejala tidak biasa saat berpuasa, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter di Siloam Hospitals terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: