Link Live Streaming Hasil QuicK Count Pilpres 2024, Ayo Pantau Hasil Pemilu

Link Live Streaming Hasil QuicK Count Pilpres 2024, Ayo Pantau Hasil Pemilu

Link Live Streaming Quick Count Pilpres 2024-@narasinewsroom-instagram

FIN.CO.ID -  Nonton link live streaming hasil quick count pemilihan presiden 2024.  

Seluruh masyarakat Indonesia akan melakukan pemungutan suara pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024.  Nantinya akan menentukan pemimpin daerah sampai Presiden untuk masa periode 5 tahun ke depan.

Setelah kalian mencoblos, kalian bisa memantau penghitungan cepat atau 'Quick count' untuk bisa memantau hasil pemilu.

Quick count merupakan metode statistik yang menghitung dan memproyeksikan hasil Pemilu dengan cepat berdasarkan data hasil hitungan suara dari sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang diambil sebagai sampel representatif.

BACA JUGA:

Hasil quick count ini masih berupa prediksi atas hasil pemilu sebelum ada pengumuman resmi dari KPU RI selaku penyelenggara pemilu.

Aplikasi quick count dapat menyajikan proyeksi hasil pemilu yang cukup akurat. Karena menghitung langsung suara di TPS yang menjadi sampel.

Bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.Metode quick count ini pertama kali digunakan dalam pemilu dan pilpres tahun 2004.

Dikutip dari Peraturan KPU (PKPU) Nomor 40 Tahun 2008, penghitungan cepat atau quick count hasil pemilu adalah kegiatan penghitungan suara secara cepat dengan menggunakan teknologi informasi, berdasarkan metodologi sampling tertentu yang dilakukan oleh masyarakat atau lembaga/badan swasta.

BACA JUGA:

Menurut Undang-undang RI Nomor 7 Tahun 2017 dalam pasal 449 ayat 5. Pengumuman prakiraan hasil penghitungan cepat pemilu hanya boleh dilakukan paling cepat dua jam setelah selesai pemungutan suara di wilayah di Indonesia.

Masyarakat memantau hasil quick count karena dapat dengan cepat menginformasikan dan memberikan gambaran atau prediksi mengenai hasil perhitungan suara sementara pemilu.

Namun, hasil quick count tidak dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan pemenang Pemilu 2024 karena hasil resminya akan disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU melakukan quick count di seluruh TPS di Indonesia dan luar negeri dengan metode rekapitulasi real count yang tidak secepat quick count dan exit poll. karena dilakukan secara berjenjang yang membutuhkan waktu lama. Hasilnya akan menentukan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang menjadi pemenang Pemilu 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: