Bunda Wajib Tahu! Manfaat Bermain Games untuk Buah Hati

Bunda Wajib Tahu! Manfaat Bermain Games untuk Buah Hati

Sumber: Pexels.com--

FIN.CO.ID - Tidak selalu yang buruk itu memberikan kesan buruk, salah satu contohnya adalah video games. 

Siapa sangka? Bermain game secara daring melalui komputer, ponsel hingga konsol ternyata menyimpan manfaat juga, lho!

Stigma bermain game memberikan dampak buruk itu berlaku jika anak-anak tidak diatur waktu bermainnya, bermain secara terus menerus hingga lupa belajar, luput dari pengawasan orang dewasa, dan bermain game tidak sesuai dengan kategori umur.

Padahal jika ditekuni dengan cara baik, video games dapat memberikan dampak yang baik untuk melatih perkembangan otak, sensorik, hingga motorik anak karena ada keterlibatan fisik serta pikiran ketika bermain game tertentu.

Berikut adalah dampak positif bermain game yang perlu Bunda ketahui yang dilansir dari berbagai sumber.


Sumber: Pexels.com--

 

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

    Permainan video games membutuhkan pola komunikasi jika bentuk games-nya adalah daring karena melibatkan kerja sama tim untuk mencapai kemenangan. Tentunya hal ini akan menantang buah hati untuk melatih skill komunikasi serta merencanakan sesuatu demi mendapatkan tujuan mereka bermain game tersebut.


  2. Melatih Sistem Motorik Anak

    Permainan video games yang melibatkan gerak serta ketangkasan pastinya akan melatih sistem motorik anak secara tidak langsung. Selain berolaharaga di tempat, permainan ketangkasan yang ditawarkan oleh beberapa video games tentunya akan membantu anak untuk mengetahui seberapa hebat dan responsifnya interaksi mereka dengan permainan yang sedang dimainkan. 

    BACA JUGA:Main Video Game Bisa Cegah Pikun

  3. Mengasah Kemampuan Berpikir dan Mencari Solusi dari Masalah

    Video games yang bergenre strategi akan menantang para pemainnya untuk memecahkan masalah sesuai dengan rencana yang mereka buat saat interaksi awal dengan permainan tersebut. Hal ini tentu akan merangsang kemampuan berpikir mereka untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Khususnya saat di level-level tertentu ketika bertemu dengan rintangan yang amat sulit atau musuh dengan kemampuan hebat.

  4. Menghilangkan Stres dan Memberikan Efek Kesenangan

    Sumber: Pexels.com--
    Bermain video games dengan catatan ingat pada waktu, tentunya bisa membuat anak menghilangkan stres sejenak dari kesibukan sekolah yang mereka hadapi. Video games juga bisa menjadi bentuk penghargaan dari orang tua kepada anak ketika mereka telah bekerja keras melewati hari-hari mereka yang berat baik di sekolah maupun lingkungan pertemanannya. Bermain video games dapat menjadi solusi jangka pendek bagi orang tua untuk memberikan efek kesenangan bagi anaknya.

Kesimpulanya, bermain video games memang menyimpan banyak sekali manfaat serta nilai positif yang bisa dipetik oleh orang tua selama tidak melebihi waktu yang telah disepakati oleh orang tua dengan anak, menjaga permainan sesuai dengan umur anak, dan yang terpenting adalah bertanggung jawab atas apa yang dimainkan sekalipun tidak dalam pantauan orang tua.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rangga Dipa

Tentang Penulis

Sumber: