Kritik Ekonomi Tumbuh Tinggi, Muhaimin: Tapi seperti Raksasa Berkaki Lumpur

Kritik Ekonomi Tumbuh Tinggi, Muhaimin: Tapi seperti Raksasa Berkaki Lumpur

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat berkampanye di Lapangan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (3/2/2024).--

FIN.CO.ID - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimi Iskandar (AMIN) ingin memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuannya, agar pertumbuhan ekonomi bisa merata dan berdampak positif hingga masyarakat bawah.

Cawapres Muhaimin Iskandar mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi tidak dirasakan hingga tingkat bawah. Sehingga, kata dia, pelaku ekonomi kecil, seperti UMKM, tidak merasakan dampaknya.

BACA JUGA:

"Ekonomi Indonesia itu tumbuhnya tinggi, 5-6 persen, dan sekarang rata-rata 5 persen. Tetapi kayak raksasa berkaki lumpur, keropos, yang bawah tidak menikmati pertumbuhan ekonomi," kata Muhaimin dalam keterangannya, Minggu 4 Februari 2024.

Muhaimin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, pertumbuhan ekonomi nasional ibarat  "raksasa berkaki lumpur". Dampaknya hanya dirasakan pengusaha kelas atas, sedangkan masyarakat kelas bawah tidak merasakan kemakmuran.

"Kami (AMIN) harus melakukan perubahan. Justru yang bawah, UMKM, harus tumbuh kuat, sehingga kakinya kokoh, ekonomi jadi semakin kuat, bukan hanya angkanya. Tetapi juga kuat sampai kenikmatannya dirasakan di bawah," katanya.

Muhaimin menjelaskan, dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi, seharusnya angka pengangguran di Indonesia semakin menurun. Namun, kata dia, kenyataannya justru terbalik dan itu terjadi di masyarakat ekonomi kelas bawah.

\Muhaimin meyakini sesuatu yang keliru telah terjadi dalam strategi meningkatkan perekonomian nasional. Sehingga harus diubah dan harus berdampak kepada masyarakat secara menyeluruh.

Oleh karena itu, pasangan calon AMIN akan lebih banyak mendengar suara rakyat kelas bawah, seperti pelaku UMKM. Sehingga bisa memberi solusi yang berdampak positif untuk mereka.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: