Pak Basuki Pindah ke IKN Bulan Juli 2024, Hayo Siapa Mau Ikut?

Pak Basuki Pindah ke IKN Bulan Juli 2024, Hayo Siapa Mau Ikut?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Pak Bas)-Birkompu-

FIN.CO.ID - Pemerintah akan melakukan proses pemindahan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) pada Juli 2024 mendatang. Yang pertama akan pindah adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Siapa yang mau pindah ke IKN? Siapa yang sudah pernah lihat IKN? Saya nanti akan pindah bulan Juli. Ada yang mau ikut?" ujar Pak Basuki saat berbincang-bincang dengan generasi muda Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Pemerintah berencana memindahkan 3.245 ASN dari 37 kementerian/lembaga ke IKN pada tahap pertama, yang akan dilaksanakan Juli hingga November 2024.

Kementerian PUPR saat ini sedang menyiapkan hunian 1.740 unit hunian rumah susun (rusun) untuk menampung para ASN tersebut.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan progres pembangunan rusun untuk ASN, yang sudah dimulai pada November 2023, saat ini sudah mencapai sekitar 25 persen.

BACA JUGA:

Endra mengatakan 12 dari 47 menara rusun ASN ditargetkan selesai dan siap huni pada periode Juni-Juli 2024.

Kementerian PUPR saat ini juga sedang menyelesaikan pembangunan 36 rumah menteri di IKN yang terbagi di dua kawasan, yakni 24 unit rumah di persil 104 dan 12 unit di persil 105. Seluruh pembangunan ditargetkan selesai pada tahun ini.

Menteri PUPR nantinya akan berkantor di gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) di IKN. Ini juga akan menjadi kantor bersama sementara bagi para ASN.

Ada 4 gedung Kemenko yang akan menjadi kantor bersama adalah Kemenko Perekonomian, Kemenko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. 

Kemudian, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), dan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Masing-masing gedung Kemenko ini akan menampung ASN dari beberapa kementerian yang kantornya belum terbangun.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: