Begini Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Begini Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Pembangunan Infrastruktur Dasar Tahap 1 IKN Capai 62 Persen-Istimewa-pupr

FIN.CO.ID - Skenario pemindahan aparatur sipil negara (ASN) secara menyeluruh ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) sedang diproses.

"Presiden memerintahkan membuat skenario komprehensif terkait dengan rencana pemindahan ASN menyeluruh," kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa, 30 Januari 2024.

Azwar Anas mengatakan pihaknya sedang matangkan skenario tersebut. Termasuk akan ada formasi untuk pemerintah pusat sekitar 250.000 formasi fresh graduate untuk IKN. 

Salah satunya adalah akan memilih talenta-talenta digital yang rencananya pada bulan Maret akan mengambil tes untuk mereka.

Saat ini, pihaknya sedang menyempurnakan sistem smart ASN yang akan mengintegrasikan seluruh layanan ASN ke dalam satu smart ASN.

BACA JUGA:

Untuk sementara, user single sign on (SSO) yang digunakan ASN memakai identitas kependudukan digital (IKD). Sehingga ASN segera membuat IKD agar memperoleh layanan e-kinerja, termasuk pembelajaran dan diklat.

Selain itu, Pemerintah juga mendorong proses integrasi layanan berbagai aplikasi yang ada di kementerian.

"Jadi, ini sedang dipaksa. Targetnya nanti pada bulan Juli seluruh kementerian sudah punya satu portal layanan. Terutama pemerintah kabupaten dan kota. Apakah bisa semua? Kami sedang membuat pilot project. Nah, manajemen risiko pembangunan nasional ini menjadi sangat penting dan ini terintegrasi nanti dengan grand design reformasi birokrasi sampai 2025 dan 2045," papar Azwar Anas.

Dia menyebut pihaknya sedang mendiskusikan bersama Presiden Jokowi terkait dengan persentase warga lokal di IKN yang menjadi ASN.

"Kami sedang mempertimbangkan atas arahan Bapak Presiden untuk ada persentase masyarakat lokal diberikan ruang khusus untuk menjadi ASN di IKN," pungkasnya.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: