Kontrol Keuangan dengan Menabung, Berikut Manfaatnya

Kontrol Keuangan dengan Menabung, Berikut Manfaatnya

ilustrasi menabung ala orang jepang --

FIN.CO.IDMenabung menjadi salah satu cara agar keuangan kita lebih terkontrol. Bahkan, menabung tidak hanya diajurkan bagi orang dewasa namun juga anak-anak. Meski demikian, menabung masih menjadi sebuah problematika sekaligus hal yang sulit dilakukan oleh generasi muda zaman sekarang. 

Salah satu faktor utama menabung menjadi sulit dilakukan yakni gaya hidup yang terlalu 'wah' karena apa yang mereka lihat di media sosial (medsos) dan lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh ialah para influencer dengan gaya hidup mereka yang mewah, pamer harta yang dipunya atau dikenal dengan istilah flexing, dan banyak lagi.

BACA JUGA:

Apa manfaat menabung?

Dikutip FIN.CO.ID dari laman resmi djkn.kemenkeu.go.id, Sabtu 27 Januari 2024, setidaknya ada enam poin manfaat menabung. Menabung juga bisa menyiapkan keuangan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Bahkan, menabung juga bisa sampai belajar banyak hal termasuk pentingnya ada dana darurat. Dana darurat di luar prediksi kita. Namun, zaman sekarang hal itu sudah mulai diabaikan.

Berikut manfaat menabung

1. Belajar Menghargai Uang

Saat kita menabung, kita akan tahu betapa sulitnya untuk mengumpulkan dan mendapatkan uang. Sehingga, kita akan belajar berpikir bagaimana cara memakai uang ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan semata. Apalagi gaya hidup.

2. Belajar Disiplin

Kebiasaan menabung mampu melatih kita untuk disiplin dalam mengatur keuangan karena saat memulai untuk menabung pasti ada uang jajan yang harus disisihkan. Dari hal itulah, kita dilatih disiplin dan konsisten dalam menyisihkan uang guna memenuhi target tabungan kita.

3. Belajar Hidup Hemat

Menabung mampu melatih kita untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, sehingga kita tidak mudah menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Selain hidup hemat, secara tidak langsung kita pun dilatih untuk tidak berperilaku konsumtif.

4. Melatih Kemandirian

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: