Pohon Besar Tumbang Timpa Motor dan Mobil di Jalur Puncak, Ada Korban Luka

Pohon Besar Tumbang Timpa Motor dan Mobil di Jalur Puncak, Ada Korban Luka

Petugas gabungan tengah berupaya menangani pohon tumbang di Jalur Puncak, Bogor, Jabar.-FIN/Antara-

FIN.CO.IDPohon tumbang terjadi di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat 26 Jumat Januari 2024 malam. Akibatnya, pohon itu menutup badan jalan hingga membuat arus lalu lintas terganggu.

Petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melakukan penanganan cepat untuk membuka kembali Jalur Puncak yang terputus itu.

BACA JUGA:

Kepala BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya mengatakan, pohon berukuran besar di pinggir jalan Puncak, tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, tiba-tiba tumbang setelah hujan turun deras disertai angin kencang.

"Dua sepeda motor dan satu unit mobil rusak berat tertimpa pohon berukuran sangat besar yang melintang jalan utama penghubung Kabupaten Cianjur dan Bogor, tidak ada korban jiwa, satu orang dilaporkan mengalami luka patah," katanya.

Saat ini, kata dia, petugas gabungan terdiri dari BPBD Cianjur, Damkar Cianjur, PMI Cianjur, dan petugas kepolisian masih berusaha memotong pohon yang tumbang agar dapat arus lalu lintas dapat kembali berjalan normal.

Selama proses evakuasi dilakukan petugas, antrean kendaraan dari kedua arah terlihat memanjang dengan ekor antrean mencapai 5 kilometer tidak bergerak dari kedua arah. Sehingga, kata dia, pihaknya bersama petugas gabungan berupaya melakukan penanganan cepat menggunakan alat bermesin.

"Kami menargetkan penanganan pohon tumbang dapat tuntas sebelum tengah malam karena ukurannya cukup besar. Sedangkan arus lalulintas cukup tinggi menuju Bogor atau sebaliknya menuju Cianjur," katanya.

Seiring masih tingginya curah hujan hingga Februari berdasarkan informasi dari BMKG, pihaknya meminta pengguna jalan tetap waspada dan berhati-hari terutama saat melintas di jalur rawan bencana longsor, banjir dan pohon tumbang di sepanjang jalur utama Puncak-Cianjur.

BACA JUGA:

"Kami meminta warga terutama pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas di jalur Puncak hingga Cianjur, tidak memarkir kendaraan di bawah pohon dan lebih baik berhenti di tempat aman ketika hujan turun deras disertai angin kencang," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: