Apakah Berkendara Mobil Listrik saat Hujan Tetap Aman?

Apakah Berkendara Mobil Listrik saat Hujan Tetap Aman?

Toyota FT-Se, mobil listrik konsep Toyota.--

fin.co.id - Banyak yang bertanya apakah mengendarai mobil listrik saat hujan tetap aman? General Manager Engineering Management Divison PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Irwin Tristanto memberikan pandangan. 

Ia berpendapat bahwa aman-aman saja seseorang berkendara menggunakan mobil listrik saat hujan. Hanya saja, sebaiknya pengendara menghindari genangan air dengan ketinggian tertentu.

"Cuma kan baterai ini ada di bawah itu memang sebaiknya dihindari (genangan) karena mungkin ada air yang masuk. Kalau ada genangan yang tinggi jangan dilawan. Sebenarnya kalau desain kendaraan kan memang sudah ada testing yang kita lakukan dalam kondisi ketinggian air misalnya 30 cm," kata dia di xEV Center, Karawang, Jawa Barat, Senin 22 Januari 2024. 

Kemudian, berbicara perawatan mobil listrik khususnya saat musim hujan, Irwin mengatakan secara umum sama seperti mobil pada umumnya.

Termasuk sistem pengereman yang harus diperiksa rutin, oli dan air cleaner.

BACA JUGA:Mobil Listrik Chery Omoda 5 Meluncur Bulan Februari, Ini Fitur Canggihnya

BACA JUGA:Mobil Listrik MG 4EV dan New ZS EV Resmi Rilis di Indonesia, Segini Harganya

"Sistemnya dilihat lagi apakah ada abnormality atau enggak, tetapi biasanya kalau sudah banyak electrical system biasanya di meter itu ada warning. Memang tidak disebutkan spesifik tetapi segera lapor ke bengkel. Kalau di kita (Toyota) ada intelligence tester, bisa mengidentifikasi nanti problemnya di mana," ujar dia. 

Lalu, bisakah mengisi daya mobil listrik saat hujan? Merujuk The Sun, mengisi daya kendaraan listrik saat hujan aman karena pengukuran keselamatan dilakukan untuk memastikan bahwa pengguna mobil listrik dapat mengisi daya kendaraannya kapan saja.

Baik EV maupun stasiun pengisian daya EV diciptakan untuk menghadapi segala jenis cuaca termasuk hujan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: