Pertanyaan Gibran ke Mahfud: Saya Tanya Inflasi Hijau kok Malah Menjelaskan Ekonomi Hijau

Pertanyaan Gibran ke Mahfud: Saya Tanya Inflasi Hijau kok Malah Menjelaskan Ekonomi Hijau

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat bergaya mencari jawaban Mahfud MD.-FIN/Tangkapan layar -

FIN.CO.ID - Debat calon wakil presiden (cawapres) kedua pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah selesai dilakukan, Minggu 21 Januari 2024. Meski telah usai, debat cawapres yang dilakukan di JCC, Senayan, Jakarta, semalam itu masih menjadi perhatian publik.

Tidak hanya cara berpakaian ala pencinta alam dan formal dalam debat keempat Pilpres 2024 itu. Tapi juga gestur para cawapres dan uga sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh masing-masing kandidat. Seperti pertanyaan Cawapres Gibran Rakabuming Raka kepada Cawapres Mahfud MD yang dianggap receh.

BACA JUGA:

Salah satunya pertanyaan Gibran ke Mahfud yang menjadi perhatian yakni soal greenflation. Gibran meminta pendapat Mahfud soal kata yang merupakan gabungan dari frasa green inflation.

Namun, Mahfud menjawab pertanyaan Gibran dengan menjelaskan soal ekonomi sirkuler.

"Apapun diproduksi kemudian dimanfaatkan kemudian di-recycle," katanya. "Karena saya punya cerita kalau bicara recycle ekonomi hijau saya bangga sebagai orang Madura. Karen orang Madura yang pertama dulu yang pelopori ekonomi hijau, ekonomi sirkular. Orang Madura pungut sampah plastik kemudian diolah," terang Mahfud.

Setelah cawapres nomor urut ketiga tersebut menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Gibran. Namun, putra sulung Presiden Jokowi itu tak puas dengan jawaban Mahfud itu.

Kemudian, Gibran bergaya seperti orang sedang mencari sesuatu yang tampak dari  kejauhan. Bahkan Gibran menunduk seperti sedang mencari sesuatu yang jatuh di lantai.

Setelah melakukan aksi tersebut, Gibran kemudian menjelaskan maksud gaya itu. Dia menjelaskan, bahwa dirinya sedang mencari jawaban Mahfud.

"Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya. Kok enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau," kata Gibrab.

Pertanyaan Gibran itu pun membuat Mafud MD agak geram. Dia bahkan mengatakan, pertanyaan yang dilontarkan oleh Cawapres Gibran Rakabuming Raka adalah pertanyaan receh sehingga tidak perlu dijawab.

BACA JUGA:

"Saya juga ingin mencari jawabannya, ngawur juga. Ngarang-ngarang tidak karuan, mengkaitkan dengan sesuatu yang tidak ada. Kalau akademis itu, gampangnya kalau bertanya yang gitu-gitu recehan," tuturnya saat menimpali tanggapan dari Gibran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: