Bocoran Spesifikasi iPhone16, Dilengkapi Tombol Kamera Terbaru

Bocoran Spesifikasi iPhone16, Dilengkapi Tombol Kamera Terbaru

Tampilan iPhone-gadget hub-

FIN.CO.ID - Beredar bocoran spesifikasi smartphone iPhone 16 yang dilengkapi dengan tombol baru pada kamera.

Dilansir dari laman The Verge pada Sabtu 20 Januari 2024, tobol tersebut ditempatkan di sisi kanan bawah iPhone 16, menempatkannya di bawah jari telunjuk pengguna saat mengambil foto dan video dalam mode lanskap.

Kabar tombol kamera baru pada iPhone 16 beredar sejak September lalu, ketika situs prediksi Apple yang cukup jitu, MacRumors, melaporkan fitur yang sedang dikembangkan.

MacRumors melaporkan bahwa tombol tersebut akan berbentuk kapasitif yang mensimulasikan penekanan dengan getaran, The Information mengatakan bahwa tombol ini akan bersifat mekanis seperti tombol tradisional.

BACA JUGA:

Meski tradisional, The Information menyebut tombol tersebut akan disematkan fitur kapasitif tambahan yang membuatnya peka terhadap sentuhan dan tekanan, sehingga pengguna dapat mengusap ke kiri dan ke kanan untuk mengontrol zoom kamera, atau menekannya dengan ringan untuk mengatur fokus pada subjek.

The Information dan MacRumors melaporkan bahwa tombol tersebut sedang diuji untuk dimasukkan ke seluruh jajaran iPhone 16, termasuk model reguler dan Pro. Mark Gurman dari Bloomberg juga melaporkan kemungkinan adanya tombol kamera baru yang akan hadir di ponsel.

Jika tombol kamera berhasil dirilis, ini akan menjadi tombol baru kedua yang hadir di iPhone dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, iPhone 15 Pro dan Pro Max hadir dengan tombol aksi (action button) baru, menggantikan tombol tradisional untuk mengubah iPhone ke mode senyap, yang biasanya berada di sisi kiri perangkat.

Meskipun tombol ini juga dapat diprogram untuk mengambil foto, tombol ini dimaksudkan sebagai tombol pintas untuk tujuan umum dan secara default mengubah pengaturan dering pada ponsel. MacRumors juga melaporkan bahwa tombol aksi juga dapat beralih ke kapasitif tahun ini.

BACA JUGA:

Apple bukan lah produsen smartphone pertama yang menyertakan tombol kamera khusus pada salah satu ponselnya. Sony telah menghadirkannya pada perangkat Xperia selama bertahun-tahun, misalnya.

Tapi ini akan menjadi penyertaan yang signifikan untuk beberapa smartphone paling populer yang dijual saat ini. Tahun lalu Apple dilaporkan telah menyalip Samsung untuk menjual smartphone terbanyak secara global untuk pertama kalinya.

Meskipun Apple saat ini sedang menguji fitur tersebut, rencana untuk jajaran iPhone 16 bisa saja berubah sebelum diumumkan pada bulan September.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: