Perasaan Asnawi Jadi Eksekutor Penalti: Saya Serahkan Kepada Tuhan

Perasaan Asnawi Jadi Eksekutor Penalti: Saya Serahkan Kepada Tuhan

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam-@afcasian2023-x

FIN.CO.ID - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam ungkap perasaanya saat menjadi eksekutor tendangan penalti saat melawan Vietnam pada laga piala Asia 2023 pada Jumat, 19 Januari 2024.

Timnas Indonesia meraih kemenangan perdana usai kalahkan Vietnam 1-0 melalui tendangan penalti Asnawi.

Asnawi mengaku pasrah dengan keputusan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang meminta menjadi penendan bola, dan bersyukur bisa menuntaskan tugasnya dengan gemilang.

"Memang itu instruksi dari pelatih dan sudah ditentukan. Siapa pun yang diberikan tanggung jawab harus siap mengeksekusi dengan baik dan bantu tim menuju kemenangan. Jadi siapa saja harus siap," ujar Asnawi saat ditemui usai pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat malam waktu Qatar.

BACA JUGA:

Asnawi mengaku pasrah saat bertugas menjalankan tendangan penalti. Beruntung sepakannya membuat karet bundar melesat masuk ke gawang yang dijaga kiper Vietnam Nguyen Filip di menit ke-42.

"Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan alhamdulillah bisa mengeksekusi dengan tenang," Asnawi menceritakan.

Momen krusial tersebut diselesaikan Asnawi dengan baik. Meski awalnya tegang, namun sebenarnya ia sudah menyiapkan mental dan teknik jika sewaktu-waktu ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti.

Selama masa pemusatan latihan, ia pun sudah melatih dan mempersiapkan segala skenario yang bakal terjadi di turnamen yang berlangsung pada 12 Januari-10 Februari tersebut.

BACA JUGA:

"Kalau diberikan tanggung jawab tersebut ya harus siap. Saya memang juga sudah mempersiapkan di latihan juga," pungkasnya.

Berkat kemenangan itu, Indonesia memperbesar peluang untuk lolos ke babak 16 besar, sekaligus memastikan nasib Vietnam untuk pulang lebih cepat.  Sementara itu Irak melaju ke babak berikutnya usai mengalahkan Jepang skor 2-1. 

Hasil ini membuat Irak lolos ke babak berikutnya dengan memimpin klasemen grup D. Sedangkan Jepang ada diperingkat ketiga dan Indonesia berada diposisi ketiga. Lalu Vietnam ada di dasar klasemen. 

Skuad asuhan Shin Tae-yong itu tinggal menjalani laga terakhir kontra Jepang pada Rabu 24, Januari 2024. Laga melawan Samurai Biru (julukan Jepang) untuk pastikan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: