Ini Tips Menggunakan Mobil Transmisi Matic, Perlu Cara Khusus Agar Tidak Rusak

Ini Tips Menggunakan Mobil Transmisi Matic, Perlu Cara Khusus Agar Tidak Rusak

Transmisi Mobil Matic-Dokumen Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mobil transmisi matic banyak menjadi pilihanan masyarakat di Indonesia, karena penggunaannya sangat mudah dan membuat kaki pegal.

Namun banyak masyarakat di Indonesia yang masih keliru saat memarkirkan mobil dengan transmisi matic, sehingga berpotensi terjadi kerusakan yang danannya cukup besar.

Komponen gearbox yang sangat sensitif, membuat pengendara harus memahami secara baik dalam mengoperasikan mobil dengan transmisi matic.

Bila tidak menginginkan komponen tersebut rusak lantaran salah menggunakan transmisi matic, berikut fin.co.id telah merangkum cara pengoperasian dengan benar.

BACA JUGA :

1. Posisikan Tuas Transmisi P Saat Parkir

Pastikan tuas transmisi dalam posisi P ketika mobil matic sedang parkir, beberapa mobil kini telah dilengkapi sensor, sehingga tidak bisa menyala apabila tidak dalam posisi P.

2. Injak Pedal Rem Saat Mobil Akan Dinyalakan

Saat tuas transmisi di posisi P ketika sedang parkir, injek rem dahulu sebelum menyalakan mobil, Agar mobil matic tidak meloncat saat dinyalakan.

3. Injak Rem Saat Memindahkan Transmisi

Pengemudi harus menginjak pedal rem, ketika tuas transmisi akan dipindahkan maju ataupun mundur. Langkah itu mencegah mobil matic melompat, ataupun gearbox rusak.

4. Posisikan N Ketika Berhenti Lama

Ketika menunggu lampu hijau ataupun berhenti dalam posisi mesin menyala, posisikan tuas transmisi di N (netral) dan tarik tuas rem parkir sebagai pengaman.

BACA JUGA :

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: