Ganjar Pranowo Dilaporkan ke Bawaslu Diduga Bagikan Voucher Internet Gratis saat CFD

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke Bawaslu Diduga Bagikan Voucher Internet Gratis saat CFD

Calon Presiden no 3, Ganjar Pranowo saat Car Free Day di Solo-@ganjar_pranowo-x

FIN.CO.ID - Calon Presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo diduga melakukan pelanggaran kampanye dalam pemilu 2024.

Diduga Pelanggaran Ganjar Pranowo muncul terkait dengan pembagian voucher internet gratis yang dilakukan oleh relawan Ganjar saat acara Car Free Day di Solo pada Minggu 24 Desember 2023.

Kejadian ini memicu laporan ke Bawaslu Kota Solo oleh Indra Wiyana dari Komunitas Masyarakat Peduli Demokrasi. Indra yang mengklaim bahwa tindakan tersebut berpotensi melanggar Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU.

"Dugaan Pelanggaran Kampanye Pemilu yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dalam kedudukannya sebagai Calon Presiden dari Paslon Capres - Cawapres Nomor Urut 3 pada kontestasi PEMILU Tahun 2024, yang mana pada hari Minggu, tanggal 24 Desember 2023, Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh, yang sedang berkunjung ke Solo Raya menyempatkan diri menyapa warga yang berada di kawasan Jalan Slamet Riyadi pada gelaran Car Free Day (CFD) Kota Solo, Jawa Tengah," ucap Indra 10 Januari 2024.

BACA JUGA:

Dilaporkan oleh Indra Wiyana dari Masyarakat Peduli Demokrasi, aksi Ganjar bagi-bagi voucher internet di CFD dianggap sebagai politik uang. 

Hal ini terlihat jelas dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @kanglebas, yang menunjukkan para anak-anak dan remaja yang berterima kasih kepada Ganjar Pranowo karena menerima voucher internet gratis. 

“Terima kasih, Pak Ganjar!” Teriak para anak-anak yang menerima voucher internet gratis pada video tersebut.

Video tersebut menampilkan anak-anak dan remaja, kebanyakan berusia sekolah, yang bersorak gembira setelah menerima voucher tersebut. 

BACA JUGA:

Kegembiraan terlihat di wajah mereka, mengungkapkan betapa bermanfaatnya akses internet gratis bagi aktivitas belajar mereka. 

Relawan Ganjar menyampaikan bahwa program internet cepat dan gratis adalah bagian dari janji kampanye Ganjar, dengan harapan bahwa jika terpilih, semua pelajar di Indonesia akan mendapatkan akses internet gratis. 

Video berakhir dengan adegan di mana anak-anak berkumpul mengelilingi Ganjar Pranowo untuk mengucapkan terima kasih setelah menerima voucher internet tersebut.

Kontroversi pembagian voucher internet di Solo Car Free Day oleh Ganjar Pranowo dan relawannya telah memicu Indra Wiyana, anggota Komunitas Masyarakat Peduli Demokrasi, untuk melaporkan kejadian tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo pada Rabu 10 Januari 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: