Antisipasi Banjir di Jawa, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Antisipasi Banjir di Jawa, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Situasi Banjir di Komplek Dosen IKIP Kota Bekasi-Tuahta Aldo-

FIN.CO.ID - Bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor mengancam wilayah Jawa.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sebagai upaya memitigasi dan mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi basah pada awal 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati telah mengirimkan surat rekomendasi kepada Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto termasuk seluruh kepala daerah se-pulau Jawa untuk segera melakukan antisipasi dan mitigasi bencana.

Adapun untuk pelaksanaannya, tim BNPB, BMKG, BRIN, Kemenhub dan TNI AU membentuk posko utama di Base Ops Pangkalan Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten.

Bandara seluas 170 hektar itu dipilih mengingat lokasinya yang strategis untuk mencakup wilayah Banten, DKI Jakarta hingga Jawa Barat serta frekuensi penerbangan yang tidak terlalu padat sehingga tidak mengganggu lalu lintas udara.

Untuk pelaksanaan TMC diawali pada Rabu (3/1) yakni dilakukan dengan dukungan pesawat Cessna 208 Caravan BNPB bernomor lambung PK-SNS yang dioperasikan PT. Smart Cakrawala Aviation.

BACA JUGA:

Operasi TMC dilakukan sebanyak satu kali sorti selama 2 jam 18 menit dengan menaburkan Natrium Clorida (NaCl) atau garam dapur di langit wilayah Kabupaten Bandung bagian barat dan Kabupaten Sukabumi bagian utara.

Penyemaian ini berlangsung di atas ketinggian 11.000 kaki dengan menghabiskan bahan semai NaCl sebanyak satu ton.

Selanjutnya pada Kamis (4/1), operasi TMC dilakukan sebanyak dua kali sorti yaitu pertama menyisir wilayah Selat Sunda, Laut Jawa hingga di atas langit Kepulauan Seribu sedangkan kedua menyasar Selat Sunda, Banten bagian barat daya hingga utara dan selatan Kabupaten Pandeglang.

Kedua sorti dalam operasi TMC hari kedua ini sama-sama dilakukan di atas ketinggian 11.000 kaki dengan menaburkan bahan semai NaCl masing-masing sebanyak satu ton.

Pantauan satelit GSMaP pada 4 Januari 2024 menunjukkan terjadi hujan ringan hingga sangat lebat di wilayah Jawa bagian barat dengan curah hujan tertinggi mencapai 150 milimeter sebelum masuk Kabupaten Serang bagian utara.

Berikutnya pada Jumat (5/1), operasi TMC dilakukan sebanyak dua kali sorti dan seluruhnya menyasar ke wilayah Laut Jawa dengan total bahan semai NaCl masing-masing satu ton setiap sortinya dan dijatuhkan dari ketinggian antara 10.000-11.000 kaki.

Sementara pada Sabtu (6/1) operasi TMC dilakukan sebanyak tiga kali sorti dengan menyemaikan NaCl masing-masing satu ton yang dimulai dari wilayah Selat Sunda pada ketinggian antara 9.000 hingga 11.000 kaki.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: