Tabrakan Kereta Turangga dan Commuterline Bandung di Cicalengka, 3 Meninggal Dunia

 Tabrakan Kereta Turangga dan Commuterline Bandung di Cicalengka, 3 Meninggal Dunia

Kecelakaan Kereta Turangga dan Kereta Bandung Raya di Cicalengka pada Jumat 5 Januari 2024.-Foto: Instagram/@officialinewstv-

FIN.CO.ID - Tabrakan kereta api terjadi di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, 5 Januari 2024 pukul 06.03 wib.

Tabrakan terjadi antara Kereta Api Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung. 

Akibat kecelakaan tersebut dikabarkan 3 orang meninggal dunia. Berdasarkan informasi di lapangan korban meninggal dunia adalah masinis, asisten masinis dan kru kereta api.

Meski demikian Manajer Humas KAI Daop 2 Ayep Hanepi mengatakan belum bisa memastikan adanya korban jiwa dan jumlah korban luka-luka akibat insiden tabrakan Kereta Turangga dan Commuterline Bandung. Tapi pihaknya telah menyiagakan belasan ambulans untuk proses evakuasi.

“Evakuasi korban sudah dilakukan dengan empat ambulans yang sudah mengantarkan korban ke Rumah Sakit Cicalengka,” katanya di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, 5 Januari 2024.

Selain itu Ayep juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas terganggunya pelayanan akibat tabrakan Kereta Api Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung.

BACA JUGA:

“Kami KAI Daop 2 menyampaikan permohonan maaf, setinggi-tingginya atas kejadian ini dan untuk data-data korban masih menunggu. Untuk kejadian, kenapa bisa terjadi, masih kita tindaklanjuti,” katanya.

Ayep mengatakan pihaknya akan segera melakukan upaya evakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain,” katanya.

Terpisah Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pihaknya bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera menginvestigasi penyebab kecelakaan kereta api (KA) di Cicalengka.

"KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan," ucapnya dalam keterangannya.

Upaya lainnya ialah mengevakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: