Waspada! Kasus COVID-19 di Depok Naik 3 Kali Lipat Selama Sepekan

Waspada! Kasus COVID-19 di Depok Naik 3 Kali Lipat Selama Sepekan

COVID, Image: Cottonbro Studio / Pexels--

FIN.CO.ID - Warga Depok wajib waspada terkait penyebaran kasus COVID-19. Angka kasus positif COVID-19 naik 3 kali lipat selama sepekan terakhir Desember 2023.

Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta agar warganya wajib meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Peningkatannya itu khususnya minggu kemarin sangat signifikan jumlahnya, dari 100 ke 300 warga, tetapi memang semuanya melakukan isolasi mandiri," katanya di Depok, Kamis, 4 Januari 2023.

Karena itu, lanjut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengambil langkah cepat untuk pengendalian kasus. "Kami akan rapatkan, dan saya akan keluarkan surat edaran," ujarnya.

Untuk itu Idris berharap warga tetap menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup bersih agar bisa terhindar dari COVID-19.

Bagi warga yang sakit khususnya flu, kata dia, diharapkan menggunakan masker agar tidak terjadi penularan.

BACA JUGA:

"Misal yang sakit atau flu, diwajibkan untuk menggunakan masker. Kami sudah membuat aturan terkait prosedur menjaga kesehatan dan PHBS," ujar Idris.

Sementara itu Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang juga epidemilog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono memberikan tips untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19.

"Pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati, dan perlu dilakukan sebelum wabah besar kembali terjadi," katanya. 

Menurut dia, protokol kesehatan adalah kunci dalam pencegahan COVID-19. Dengan melakukan protokol kesehatan yang tidak setengah-setengah, artinya dilaksanakan oleh seluruh masyarakat, maka upaya pencegahan COVID-19 dapat berjalan dengan efektif. 

Walaupun tidak 100 persen, tetapi protokol kesehatan tersebut dapat menghindari peningkatan kasus COVID-19 dengan baik.

"Demi mengurangi kemungkinan penularan kasus, menjaga jarak dan menggunakan masker merupakan suatu keharusan, baik di tempat pariwisata, penginapan, restoran, atau tempat umum lainnya," kata Tri Yunis Miko Wahyono.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: