Jokowi Tak Melayat Rizal Ramli, Ini Penjelasan KSP Moeldoko

Jokowi Tak Melayat Rizal Ramli, Ini Penjelasan KSP Moeldoko

Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko-Foto: Instagram/@mncnewsroom-

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo hingga kini belum melayat ke rumah duka mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

Meski belum melayat, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi telah mengirimkan karangan bunga ke rumah duka mendiang ekonom senior Rizal Ramli di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2024.

"Saya belum bicara (dengan Presiden, akan melayat atau tidak), tapi beliau sudah mengirimkan bunga duka cita ke sana," katanya di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.

Moeldoko sendiri telah melayat ke rumah duka Rizal Ramli. Dia menyampaikan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Rizal Ramli.

Moeldoko mengaku memiliki kesan mendalam terhadap Rizal Ramli.

"Hampir dalam setiap kesempatan sampai terakhir ini saya sering berdiskusi dengan beliau, bertemu. Ngopi bersama. Bertukar pandangan," kata Moeldoko.

BACA JUGA:

Rizal Ramli semasa hidup dikenal kerap memiliki pandangan kritis terhadap pemerintah. Moeldoko menganggap pandangan kritis sahabatnya itu sebagai obat yang menyembuhkan.

"Saya memahami beliau punya pandangan kritis khususnya pada pemerintah. Saya memandang itu sebagai sebuah obat yang bisa menyembuhkan, bagi saya secara pribadi, khususnya dalam menjalankan pemerintah ini pasti ada hal yang perlu dikritisi," kata dia.

Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu dini hari, pukul 00.52 WIB, dengan menggunakan mobil ambulans dari RSCM Jakarta.

Suasana di sekitar rumah duka pada Rabu pagi, dipenuhi para pelayat dan pihak keluarga. Puluhan karangan bunga dari tokoh publik maupun tokoh politik juga berjejer di sekitar rumah duka.

Karangan bunga dari Presiden RI Joko Widodo berwarna dominan kuning dan hitam. Selain Jokowi tampak juga karangan bunga dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: