Fadjroel Rachman Berduka Rizal Ramli Meninggal: Bung Salah Satu Tokoh Perintis Gerakan Mahasiswa Orde Baru

Fadjroel Rachman Berduka Rizal Ramli Meninggal: Bung Salah Satu Tokoh Perintis Gerakan Mahasiswa Orde Baru

Fadjroel Rachman--

FIN.CO.ID- Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan Dr Mochammad Fadjroel Rachman ikut berbelasungkawa atas meninggalnya tokoh ekonomi Rizal Ramli yang tutup usia pada Selasa 2 Januari 2024.

Fadjroel mengatakan, Rizal Ramli punya peran penting dalam ketika masih menjadi salah satu tokoh pergerakan mahasiswa pada tahun 1974.

"Innalillahi wainna illaihi rojiun. Rizal Ramli Meninggal Dunia. Selamat Jalan Bung Rizal Ramli mantan Menteri Keuangan di masa Presiden Abdurrahman Wahid dan mantan Menko Bidang Kemaritiman di masa Presiden @jokowi," cuit Fadjroel melalui akun media sosial X miliknya pada Selasa pukul 21:29 WIB.

BACA JUGA:

Fadjroel membeberkan peran almarhum Rizal Ramli ketika masih berjuang sebagai aktivis kampus pada lebih dari empat dekade silam. 

Dia juga menyebut sejumlah nama aktivis mahasiswa beberapa era sesudahnya yang tetap berupaya menegakkan demokrasi.

"Saya bersaksi Bung orang baik. Kami para Aktivis ITB berdukacita sedalam-dalamnya. Bung salah satu tokoh gerakan mahasiswa 1974 bersama Bung Heri Akhmadi dan Bung Hariman Siregar dkk adalah perintis gerakan mahasiswa berikutnya 1980-an, 1990- an untuk melawan  Rezim Soeharto Orde Baru hingga Reformasi 1998 untuk menegakkan demokrasi konstitusional yang sekarang menghadapi patahan setelah 25 tahun," tulis Fadjroel.

Fadjroel kemudian menutup unggahan tersebut dengan kalimat penuh semangat mengenai perjuangan yang tidak mengenal kata sia-sia.

BACA JUGA:

"Tak ada perjuangan yang sia-sia Bung! Tak ada kata jera dalam perjuangan! Rajawali tak akan berubah jadi burung nuri," tutup dia.

Ekonom Rizal Ramli yang juga pernah menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman meninggal pada Selasa malam di Jakarta.

Lewat pesan yang beredar di kalangan wartawan, disebutkan bahwa Rizal Ramli berpulang pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. 

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954. Ia merupakan mantan aktivis mahasiswa yang menjadi pakar ekonomi. Rizal juga kerap mengisi jabatan eksekutif.

Rizal pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001. Di tahun yang sama ia juga menjabat Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: