Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Desember 2023, Begini Bacaan Niat dan Keutamannya

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Desember 2023, Begini Bacaan Niat dan Keutamannya

ilustrasi puasa--

FIN.CO.ID- Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan 3 hari setiap bulan. Yakni di tanggal 13, 14 dan 15 bulan Hijriah. 

Sementara untuk kalender masehi, pada bulan November 2023, puasa Ayyamul Bidh pada bulan Desember 2023 jatuh pada tanggal 27, 28 dan 29. 

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah. Artinya yanh melaksanakan diganjar pahala, dan tidak melaksanakan tidak mendapatkan apa-apa. 

Menurut Ustadz Abdul Somad, puasa Ayyamul Bidh berasal dari kata Ayyam yang artinya hari. Dan Bidh yang artinya putih. Jadi, puasa Ayyamul Bidh adalah Puasa Hari Putih. 

BACA JUGA:

Disebut hari putih, karena pada hari itu terdapat bulan yang bercahaya terang. 

"Kenapa disebut hari putih karena pada saat itu bulan sedang terang benderang menyinari bumi yang gelap. Maka begitu juga kita sebagai manusia yang khilaf, salah dan dosa ini ingin putih seputih cahaya. Maka puasa pada hari ke-13, 14 dan 15 bulan hijriah," ujar Ustad Abdul Somad lewat sebuah ceramahnya. 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh:

Dilansir dari NU online, puasa Ayyamul Bidh mempunyai keutamaan seperti melaksanakan ibadah puasa sepanjang tahun.

Pendapat tersebut mengacu pada hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan at-Tirmidzi, yakni sebagai berikut:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ صَامَ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثَة أَيَّام، فَذَلِكَ صِيَامُ الدَّهْرِ، فَأَنْزَلَ اللهُ تَصْدِيقَ ذَلِكَ فِي كِتَابهِ الْكَرِيم: مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَة فَلهُ عشر أَمْثَالهَا

[الأنعام: 160]. اَلْيَوْمُ بِعشْرَةِ أَيَّامٍ (رَوَاهُ ابْن ماجة وَالتِّرْمِذِيّ. وَقَالَ: حسن .وَصَححهُ ابْن حبَان من حَدِيث أبي هُرَيْرَة رَضِيَ اللهُ عَنْه)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Dzar ra, sungguh Nabi saw bersabda: 'Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut: 'Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya' [QS al-An'am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari'." (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: "Hadits ini hasan."

BACA JUGA: 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: