Jelang Debat Cawapres, Mahfud Tak Lakukan Persiapan Khusus, Gibran Ajukan Cuti

Jelang Debat Cawapres, Mahfud Tak Lakukan Persiapan Khusus, Gibran Ajukan Cuti

Jadwal Debat Cawapres Putaran Kedua--

fin.co.id -Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud Md mengaku tidak melakukan persiapan khusus menjelang debat perdana calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 pada Jumat 22 Desember.

Mahfud berpendapat debat cawapres perdana tersebut akan lebih banyak dipengaruhi oleh pengetahuan yang telah dimiliki dan dikuasai oleh masing-masing kandidat.

“Debat itu adalah apa yang ada sekarang, yang dimiliki lalu diperdebatkan, menguasai atau tidak gitu saja. Kalau persiapan khusus dengan bidang yang begitu luas tidak perlu,” ujar Mahfud Md, Rabu 20 Desember 2023. 

Menurut Mahfud, debat pada Jumat malam di Balai Sidang Jakarta (JCC) itu hanya menguji penguasaan masing-masing kontestan terhadap pengetahuan maupun pengalaman yang sudah dijalani sejauh ini.

Selain itu, Mahfud mengatakan dirinya masih sibuk bekerja sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) sehingga dirinya memiliki waktu terbatas untuk membaca berbagai usulan bahan bacaan dari tim ahli.

BACA JUGA:JK Dukung Anies-Muhaimin, TPN Ganjar-Mahfud: Tak Perlu Dikhawatirkan

Meski demikain, Ia mengaku tetap menyempatkan diri untuk melakukan diskusi singkat atau membaca masukan yang dikirimkan lewat pesan layanan singkat. 

Mahfud menyebut sejumlah tokoh telah memberi masukan terhadap dirinya termasuk mantan Gubernur Lemhannas yang menjadi Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti sebagai Wali Kota Surakarta jelang debat capres-cawapres yang akan dilaksanakan pada Jumat 22 Desember 2023. 

Pengajuan cuti tersebut diberikan kepada Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Terkait hal itu, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkot Surakarta Herwin Tri Nugroho Adi di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan cuti dilakukan selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat.

"Untuk kampanye dan debat. Besok kampanye, besoknya debat," katanya.

BACA JUGA:Jusuf Kalla Alias JK Ubah Keputusan Lalu Dukung Anies-Muhaimin, Begini Komentar Pakar Politik

Ia mengatakan surat sudah turun dari Pj. Gubernur Jawa Tengah pada Senin (18/12). Dengan cutinya Gibran, tugas sebagai Wali Kota akan didisposisikan kepada Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

Ia memastikan cutinya Gibran tidak mengganggu kinerja pemerintahan Pemkot Surakarta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: