Shin Tae-yong Coret Stefano Lilipaly dari Timnas Indonesia untuk Piala Asia, Begini Alasannya

Shin Tae-yong Coret Stefano Lilipaly dari Timnas Indonesia untuk Piala Asia, Begini Alasannya

Stefano Lilipaly--(Twitter)

FIN.CO.ID - Shin Tae-yong telah mencoret Stefano Lilipaly dari skuad Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala Asia 2023.

Alasan pelatih tim nasional Indonesia itu adalah karena kondisi fisik yang dinilai kurang untuk dapat bersaing di level Asia.

Bersama Borneo FC di Liga 1 2023/2024, Lilipaly sebenarnya tampil cukup baik. Dia telah menyumbang sembilan gol dan 11 assist dari 23 pertandingan bersama klubnya.

“Lilipaly adalah pemain yang sangat baik di liga. Saya telah melihat langsung dan pasti perform sangat baik di liga. Tetapi kalau kita melawan tim di atas kita, secara fisik pasti akan sangat lelah. Memang saya beberapa tahun ini saya melihat Lilipaly secara langsung, tetapi untuk di Piala Asia kelihatannya sangat susah untuk secara fisik,” kata Shin di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa malam.

BACA JUGA:Hadapi Madura United pada Piala Presiden, Borneo FC Siapkan Pengganti Stefano Lilipaly

BACA JUGA:Soroti Performa Dimas Drajad-Lilipaly, Shin Tae-yong: Mereka Tak Sesuai Ekspektasi Saya

Selain menyoroti dicoretnya Lilipaly, banyak pihak juga bingung dengan keputusan Pelatih Shin memanggil kiper Persikabo Syahrul Trisna serta Pratama Arhan yang minim kesempatan bermain di Tokyo Verdy.

“Syahrul merupakan pemain yang sangat tenang saat pertandingan. Kemarin-kemarin sering bersaing dengan Nadeo (Argawinata), kadang Nadeo yang main, kadang Syahrul yang main. Tetapi ketika Syahrul yang main, memang kemungkinan kebobolan makin sedikit dan kecil. Jadi akhirnya saya memilih Syahrul terakhir ini,” ucap Shin.

Sedangkan untuk Arhan, selain merasa masih memerlukan lemparan jarak jauh sang pemain, Pelatih juga menilai keputusannya untuk memanggil Arhan ke timnas agar karier mantan pemain PSIS Semarang itu tidak semakin menurun.

“Arhan memang pemain yang baik. Kalau dia bisa bermain di Tokyo Verdy tentu performa akan lebih baik lagi dari sekarang, tapi ya karena itu performa Arhan semakin turun. Tetapi jika dari timnas pun tidak memilih dia, performa dia akan benar-benar jeblok. Jadi saya memang sengaja pilih untuk masa depan sepak bola Indonesia,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

BACA JUGA:Kembali Dipanggil Timnas Jelang Lawan Bangladesh, Ini Permintaan Stefano Lilipaly

Timnas rencananya pada Rabu (20/12) akan berangkat ke Turki untuk melakukan pemusatan latihan. Setelah itu mereka akan menuju ke Qatar, untuk bertarung di Piala Asia.

Meski Indonesia berada di grup yang cukup berat bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, Pelatih Shin masih optimistis dengan target menembus fase 16 besar yang dibebankan kepadanya.

“Target kami adalah 16 besar. Untuk itu saya akan berusaha, dan tim ini juga demikian. Tetapi di Piala Asia ini, Indonesia yang terendah saat ini secara peringkat FIFA. Lawan pun tim-tim yang baik. Begitu juga tim yang ada grup kita. Jadi kami tidak akan meremehkan lawan dan kami akan lebih berusaha untuk persiapan lebih lengkap lagi,” kata mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: