Kota Tangerang Raih Penghargaan Inovasi Daerah Kategori Kota Sangat Inovatif dari Kemendagri

Kota Tangerang Raih Penghargaan Inovasi Daerah Kategori Kota Sangat Inovatif dari Kemendagri

Kota Tangerang Raih Penghargaan Inovasi Daerah Kategori Kota Sangat Inovatif dari Kemendagri--

fin.co.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) kembali menganugerahkan penghargaan kepada daerah terinovatif pada gelaran Innovative Government Award (IGA) 2023. Penghargaan tersebut diberikan untuk meningkatkan iklim inovasi berkelanjutan di daerah.

Kali ini, Pemerintah Kota Tangerang diganjar penghargaan sebagai kota dengan Inovasi Daerah Kategori Kota Sangat Inovatif dari Kemendagri. 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan, Pemkot Tangerang terus berkomitmen dan senantiasa berupaya mewujudkan pelayanan publik yang optimal melalui berbagai terobosan serta program-program inovatif yang membawa manfaat bagi seluruh masyarakat.

"Tentunya yang namanya inovasi harus terus dijalankan apalagi di era disruption seperti sekarang di mana segala hal bisa dengan cepat berubah." ucap Arief usai menerima penghargaan di Sasana Bhakti Karya Kemendagri, Jakarta, 12 Desember 2023. 

Arief melanjutkan, untuk itu inovasi-inovasi penting untuk terus dilakukan selain untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat tetapi juga untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada di daerah.

BACA JUGA:Perhatian! Penyelenggara Haji-Umrah dan Calon Jamaah Umrah-Haji Wajib Jadi Peserta BPJS Kesehatan

Arief turut mengapresiasi Kemendagri atas anugerah yang telah diberikan serata berharap pencapaian tersebut dapat semakin memotivasi Pemkot untuk terus berinovasi demi kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot ini diapresiasi dan masuk dalam kategori sangat inovatif. Harapannya tentu ini dapat menjadi pelecut bagi kita semua termasuk masyarakat untuk terus mau mencoba sesuatu hal yang baru sehingga ide-ide baru nantinya dapat terlahir demi kemajuan Kota Tangerang yang unggul dan berdaya saing," tukas Arief.

Untuk diketahui, penghargaan inovasi daerah tersebut turut menambah deretan penghargaan bergengsi yang diraih Pemkot dalam kurun waktu sebulan terakhir.

Di antaranya, Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS), Anindhita Wistara Data, Implementasi Reformasi Birokrasi Tematik, Anugerah Meritokrasi, Realisas Transfer Ke Daerah (TKD) Terbaik, hingga Kota Peduli HAM dan Penghargaan kategori Pemerintah Kota Terbaik dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bidang Pencegahan se-Indonesia.

Di tempat sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan, inovasi harus membuat sistem menjadi lebih baik tanpa bergantung pada figur tertentu. Dengan begitu, sistem baik tersebut akan tetap berjalan oleh siapa pun yang mengawakinya. Capaian ini menurutnya kesuksesan terbesar dalam membuat inovasi karena berhasil membangun sistem yang baik.

“Kalau (bergantung pada, red) individu atau personal, ketika terjadi pergantian pimpinan, pergantian leadership, maka sistemnya diubah lagi, dari nol lagi dan itu banyak terjadi,” ujarnya pada gelaran Innovative Government Award (IGA) 2023 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Mendaki Gunung di Indonesia yang Layak Dicoba

Dia menegaskan, inovasi penting di tengah dinamika kehidupan yang selalu berkembang. Kondisi ini membuat semua pihak mau tidak mau harus berkreasi dan berinovasi di semua bidang, termasuk bidang pemerintahan. Kemendagri selalu mendorong adanya inovasi sebagai bentuk adaptasi terhadap segala perubahan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: