Survei Terbaru Litbang Kompas: Prabowo-Gibran 39,3 Persen, Ganjar-Mahfud Paling Buncit, Pemilih Bimbang 28,7 Persen

Survei Terbaru Litbang Kompas: Prabowo-Gibran 39,3 Persen, Ganjar-Mahfud Paling Buncit, Pemilih Bimbang 28,7 Persen

Survei Elektabilitas Capres Cawapres 2024 Terbaru, Jelang Pemilu-#news #nasional-NU Online

FIN.CO.ID - Hasil Survei terbaru Litbang Kompas menyebut elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan 39,3 persen. 

Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi paling buncit disalip pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Namun, dalam survei tersebut pemilih yang masih menyatakan bimbang terhadap pilihannya sangat tinggi, yaitu 28,7 persen.

Survei dilakukan Litbang Kompas terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak periode 29 November hingga 4 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei etsrebut menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran meraih 39,3 persen. 

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden,” tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, dikutip dari Harian Kompas, Senin, 11 Desember 2023. 

BACA JUGA:

Dijelaskannya pasangan Prabowo-Gibran unggul baik di laki-laki atau perempuan yang berada di perkotaan maupun perdesaan. 

Sedangkan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) memperoleh 16,7 persen dan pasangan Ganjar-Mahfud MD hanya 15,3 persen. 

Sementara pemilih bimbang mencapai angka yang cukup tinggi yaitu 28,7 persen.

"Di luar dinamika elektabilitas capres dan cawapres, survei juga menangkap dinamika pemilih bimbang yang kian meningkat. Jumlah pemilih yang masih ragu-ragu menetapkan pilihannya kepada pasangan capres-cawapres, yang mencapai angka 28,7 persen, terbilang besar mengingat pemilu tinggal dua bulan lagi," jelasnya.

Dalam Survei Litbang Kompas ditemukan bahwa pemilih bimbang merupakan kelompok yang belum memiliki ikatan ideologis. Selain itu, kelompok ini juga belum memiliki kedekatan emosional dengan sosok paslon tertentu.

BACA JUGA:

"Kalangan yang termasuk ke dalam kelompok undecidedvoters ini adalah mereka yang belum punya ikatan ideologis ataupun kedekatan emosional terhadap sosok atau pasangan tertentu belum tahu siapa yang akan dipilih dan masih sangat rentan berubah pilihan," paparnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: