Pengungsi Rohingya di Aceh Capai 1.478 Orang, Pemerintah Cari Solusi, Ada Opsi Ditampung di Pulau Galang

Pengungsi Rohingya di Aceh Capai 1.478 Orang, Pemerintah Cari Solusi, Ada Opsi Ditampung di Pulau Galang

Pengungsi Rohingya buka tenda di pesisir pantai karena ditolak masyarakat Aceh-Facebook-

FIN.CO.ID- Pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia melalui Aceh, kini mencapai 1000 lebih jiwa. Mereka kini mendapat penolakan warga setempat. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan, pemerintah sedang mencari jalan keluar untuk para pengungsi Rohingya tersebut. 

"Jumlahnya (pengungsi Rohingya) sekarang sudah 1.478 orang. Dan orang-orang lokal, orang Aceh, Sumatera Utara, dan Riau itu sudah keberatan ditambah terus," kata Mahfud MD, Selasa malam 5 Desember 2023.

Mahfud MD mengatakan, warga lokal tidak terima lantaran mereka ditampung dan diberi makan gratis. Sementara warga di loka juga kalangan miskin. 

BACA JUGA:


Menkopolhukam Mahfud MD saat diwawancarai awak media massa di Padang, Kamis, (16/11). -ANTARA/Muhammad Zulfikar.-

"Nah, kami sedang mencari jalan keluar tentang ini," kata Mahfud. 

Mahfud mengatakan, pihaknya juga akan mengusahakan penanganan kebutuhan domestik dan kemanusiaan sehingga dapat terlaksana dengan baik. 

Dia menegaskan bahwa Indonesia tidak menandatangani konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Tentang Pengungsi sehingga tidak terikat dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Oleh sebab itu, bantuan kepada imigran Rohingya dilakukan Indonesia atas dasar kemanusiaan.

Mahfud mengatakan bahwa negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Australia, sudah tidak bisa lagi menerima pengungsi Rohingya. 

Para pengungsi tersebut, imbuh Mahfud, mulanya menjadikan Indonesia sebagai tempat transit. Namun, lama-kelamaan Indonesia dijadikan sebagai tempat tujuan pengungsian.

BACA JUGA:

"Mereka larinya ke Indonesia. Maksudnya mau transit, tapi lama-lama jadi tempat tujuan pengungsian, bukan transit. Karena biasanya mau transit untuk ke Australia. Tapi dia (pengungsi Rohingya) berhenti di Indonesia dan tidak mau keluar lagi," ujar Mahfud.

Opsi Ditampung di Pulau Galang


Pengungsi Rohingya di pesisir pantai, Kota Sabang, Aceh, Senin 4 Desember 2023-Foto: Ajnn/Humas Pemkot Sabang-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: