Mahfud MD Gelar Rapat Terkait Pengungsi Rohingya Bersama Pemda Hari Ini

Mahfud MD Gelar Rapat Terkait Pengungsi Rohingya Bersama Pemda Hari Ini

Menkopolhukam Mahfud MD saat melakukan kunjungan ke wilayah Kota Bekasi -Tuahta Aldo-

BEKASI, FIN.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, akan melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah tersebut, dilakukan terkait pengungsi asal Rohingya, yang terus berdatangan ke Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Mahfud MD, saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Annida Al Islamy Kota Bekasi, Senin 4 Desember 2023 malam.

"Akan kita rapatkan, bagaimana caranya mengembalikan ke negaranya melalui PBB. karena ada perwakilannya, nanti saya akan pimpin rapatnya," ungkap Mahfud MD.

 

Kini pengungsi asal Rohingya terus berdatangan ke Indoensia dengan jumlah yang semakin banyak, sehingga dapat memenuhi beberapa tempat.

"Orang Rohingya masuk kesini jumlahnya sekarang sudah 1.147 orang dan itu terus bertambah, karena gelombang pengungsi itu datang terus," jelasnya.

Selain itu sejumlah wilayah di Indonesia seperti Aceh dan Riau, mengaku sudah tidak mempunyai tempat lagi untuk menampung pengungsi Rohingya.

"Sebenarnya kita tidak ikut menandatangani konvensi PBB tentang para pengungsi itu, Kita bisa menolak mentah-mentah. tapi demi kemanusiaan, Indonesia itu menolong terus," ucapnya.

 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memerintahkan secara langsung, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Mahfud MD diminta oleh presiden Joko Widodo, untuk menangani masalah pengungsi asal Rohingya yang belakangan masuk ke wilayah Indonesia.

"Ya saya telah memerintahkan Menkopolhukam untuk menangani bersama-sama dengan daerah, bersama-sama dengan UNHCR," kata Jokowi singkat dalam keterangannya menjelang keberangkatan menuju Nusa Tenggara Timur di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Merespon instruksi tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD, akan melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: