1 PTN dan 3 PTS Menutup Tahun 2023 dengan Kerjasama Strategis di Portugal dan Spanyol

1 PTN dan 3 PTS Menutup Tahun 2023 dengan Kerjasama Strategis di Portugal dan Spanyol

1 PTN dan 3 PTS Menutup Tahun 2023 dengan Kerjasama Strategis di Portugal dan Spanyol--

FIN.CO.ID - Sebagai program penutup tahun 2023, beberapa kampus yang tergabung dalam Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi (APPTHI), yaitu Universitas Singaperbangsa (UNSIKA), Universitas Borobodur, Universitas Warmadewa, dan Universitas Esa Unggul,  melaksanakan kunjungan kerja ke negara Portugal dan Spanyol pada tanggal 30 Novemeber hingga tanggal 4 Desember dengan mengunjungi KBRI Portugal serta Universitas di Spanyol yaitu Universitat Autonoma de Barcelona (UAB).

Dengan diorganisasikan oleh PASQAPRO, peserta kali ini berjumlah 19 delegasi yang seluruhnya terdiri dari rektor, wakil rektor, serta kepala program studi.

Adapun tujuan utama ke KBRI merupakan rangkaian pengembangan kerjasama strategis perguruan tinggi untuk menjadikan KBRI sebagai partner strategis dalam rangka memberikan informasi kepada perguruan-perguruan tinggi di Indonesia untuk bekerjasama dengan universiatas-universiatas di Portugal dalam rangka kerjasama riset, pertukaran pelajar, Summer camp, visiting professor, publikasi, maupun join conference.

KBRI dapat juga berperan sebagai mitra yang akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pengabdia masyarakat (PKM) bagi dosen-dosen yang ingin bertemu dengan masyarakat Indonesia diaspora.

Dalam pertemuan di KBRI , Rektor UNSIKA , Prof. Dr. Ade Maman Suherman menjelaskan kepada pihak KBRI, dalam hal ini Plt Dubes RI untuk Portugal, Ajeng Widianty, SH, Phd bahwa saat ini UNSIKA memiliki keinginan untuk memperkuat basis kerjasama internasional dalam rangka meningkatkan baik kualitas maupun status akreditasi kampus yang baru 9 tahun belakangan berubah menjadi perguruan tinggi negeri di wilayah Kerawang.

Oleh karena itu kunjungan kali ini ke Portugal dan Spanyol untuk menjalin kerjasama dengan universitas -univeritas yang memiliki reputasi kampus rangking dunia di wilayah Portugal maupun Spanyol sebagai benchmarking, terutama dalam tata kelola pembelajaran dan Riset.

Ketua Delegasi APPTHI, Dr. Wasis Susetio, SH, MH yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul, Jakarta, kepada Notarynews via seluler (27/11) mengatakan bahwa kegiatan “International Networking Trip’ kali ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman para pimpinan perguruan tinggi dan juga dosen di bidang hukum.

Dan melalui kunjungan ini tentunya lanjut Wasis, akan menambah jaringan (networking) para pimpinan perguruan tinggi sehingga mereka mempunyai reputasi dan kompetensi bertaraf internasional.

Selanjutnya dalam kunjungan ke kampus Universitat Autonoma de Barcelona (UAB) pada tanggal 4 Desember, dilakukan penandatanganan kerjasama kampus USIKA , Universiatas Borobudur, dan Universiatas Warmadewa dengan fakultas hukum (fakultat de dret) UAB yang dalam hal ini diwakili oleh dekan fakultas hukum UAB, Susana Navas Navarro.

Dalam kesempatan ini Prof. Faisal Santiago menjelaskan bahwa Universiatas Borobudur (UNBOR) khususnya program doctoral memang memiliki program-program internasional yang menjadi salah satu andalan bagi pola pembelajaran mahasiswa-mahasiswa di UNBOR.

Sementara, dekan Fakultas Hukum Warmadewa Prof. I Nyoman Budhiarta menjelaskan bahwa kesempatan kunjungan kali ini untuk melakukan kerjasama dengan kampus di Spanyol seperti UAB yang memiliki rangking nomor 3 di Spanyol merupakan tambahan nilai positif, meskipun Fakultas Hukum UNWAR di saat kepemimpinnya menjadi dekan telah menjalin banyak kerjasama luar negeri, tetapi baru kali ini mendapatkan mitra di spanyol, sehingga beliau berharap kerjasama ini semakin memperkaya dan memberi warna bagi perkembangan tata kelola institusi FH, maupun materi pembelajaran bagi mahasiswa-mahasiswanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: