Prabowo-Gibran Siap Debat Pakai Bahasa Inggris, AMIN Siap Ikuti Keputusan KPU

Prabowo-Gibran Siap Debat Pakai Bahasa Inggris, AMIN Siap Ikuti Keputusan KPU

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI--

fin.co.id - Polemik format debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 masih menjadi perbicangan.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid menegaskan jika paslon nomor urut 2 tersebut bersedia mengikuti debat dengan format manapun sesuai peraturan yang berlaku.

"Paslon kami siap debat dengan aturan dan ketentuan yang dibuat KPU. Apapun format yang ditentukan," kata Nusron dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin 4 Desember 2024. 

Bahkan, kata dia, pasangan Prabowo-Gibran siap apabila format debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris.

"Andai KPU menentukan demi kepentingan diplomasi internasional. Misal debat antara Cak Imin, Mas Gibran, dan Pak Mahfud dengan bahasa Inggris dan tanpa bawa teks-pun, kami siap. Tapi kami tidak mengusulkan itu," ujar Nusron.

BACA JUGA:Begini Nasib Program Food Estate Jika Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Jadi Presiden dan Wapres

Ia menjelaskan bahwa ketegasan tersebut diperlukan untuk merespons isu yang banyak menyudutkan Prabowo-Gibran sebagai pihak yang menginginkan perubahan format debat tersebut.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar membantah tudingan yang menyatakan format debat calon wakil presiden harus didampingi calon presiden merupakan usulan Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

"Tidak ada. Yang terpenting sekarang terserah Komisi Pemilihan Umum. Dari awal kita menyerahkan ke KPU," kata Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, di Padang, Senin 4 Desember 2023.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin usai bedah visi misi dan uji gagasan capres-cawapres yang diselenggarakan BEM KM Universitas Andalas, Sumatera Barat.

Cak Imin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu mengatakan sedari awal atau sejak penyelenggara pemilu melibatkan atau mengundang pasangan calon membahas format debat, Timnas AMIN sepenuhnya mengikuti mekanisme di KPU.

BACA JUGA:Merasa Tersudut, KPU Akhirnya Ajak Tim Capres-Cawapres Bahas Lagi Format Debat Pemilu 2024

"Pokoknya apa pun keputusan KPU, AMIN akan ikut," kata Cak Imin.

Oleh karena itu, ia kembali menegaskan bahwa Timnas AMIN tidak pernah mengusulkan sesi atau format debat cawapres harus didampingi oleh calon presiden.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: