Begini Nasib Program Food Estate Jika Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Jadi Presiden dan Wapres

Begini Nasib Program Food Estate Jika Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Jadi Presiden dan Wapres

Hutan yang dibabat untuk Program Food Estate -Jurnasyanto Sukarno-www.greenpeace.org

FIN.CO.ID - Bagaimana nasib program food estate yang digadang-gadang Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024?

Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan akan menghentikan program ketahanan pangan food estate atau lumbung pangan.

"Sudah pasti tidak akan dilanjutkan (food estate)," katanya, usai bedah visi misi dan uji gagasan capres dan cawapres RI 2024 yang diselenggarakan BEM KM Universitas Andalas, Sumatra Barat, di Padang, Senin, 4 Desember 2023.

Alasannya, kata dia, program ketahanan pangan tersebut terbukti gagal serta tidak terencana dengan baik. Atas dasar dua hal itu, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 memastikan tidak akan melanjutkannya jika terpilih pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Wakil Ketua DPR RI tersebut menjelaskan sejumlah indikator kegagalan food estate. Pertama, program lumbung pangan itu sudah tidak berproduksi dan justru menimbulkan deforestasi.

BACA JUGA:

"Jadi, food estate tersebut sudah mengganggu hutan kita," tegasnya.

Sebaliknya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menilai program food estate atau lumbung pangan harus dilanjutkan untuk mendukung strategi intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Menurut dia, jika dikelola dalam skala besar dan didukung dengan pengelolaan pertanian yang modern, diyakini program food estate akan berhasil.

Sebagai salah satu kebijakan yang masuk dalam Program Strategis Nasional 2020-2024, program food estate bertujuan untuk mengembangkan sejumlah komoditas yaitu cabai, padi, singkong, jagung, kacang tanah, dan kentang.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: