Hujan Deras di Bogor dan Depok, Jakarta Kebanjiran hingga 1,5 Meter

Hujan Deras di Bogor dan Depok, Jakarta Kebanjiran hingga 1,5 Meter

Banjir di kawasan Kebon Pala, Jakarta Timur-Syaiful Hakim-ANTARA

FIN.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Bogor dan Depok mengakibatkan Sungai Ciliwung meluap. 

Hasilnya permukiman warga di Kebon Pala RT 10 dan RT 13/RW 04 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, terendam banjir, pada Kamis, 30 November 2023.

Banjir mulai merendam dan masuk ke pemukiman warga sekira pukul 05.00 WIB.

"Air mulai masuk ke permukiman warga Kamis pagi sekitar pukul 05.00 WIB dengan ketinggian 30 sentimeter (cm) hingga 1,25 meter," kata Ketua RT 13/RW 04 Sanusi.

Dia menyebutkan, banjir yang menggenangi rumah warga itu akibat curah hujan yang tinggi di Bogor dan Depok pada Rabu (29/11) sehingga berdampak terhadap meluapnya air Kali Ciliwung.

BACA JUGA:

Diungkapkannya, sedikitnya 100 rumah warga terkena imbas banjir. Kendati demikian, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir tersebut.

"Tidak ada warga yang mengungsi. Masih aman," katanya.

Warga Kebon Pala sering terkena banjir karena lokasi permukiman lebih rendah dan berada dekat aliran Kali Ciliwung. Ketika debit air naik wilayah itu sering terdampak luapan air kali tersebut.

Program pemerintah untuk normalisasi Kali Ciliwung belum berdampak terhadap permukiman warga Kebon Pala sehingga masih terkena imbas banjir.

"Sodetan Kali Ciliwung yang diprogramkan pemerintah belum berdampak sama sekali untuk mengurangi banjir di kawasan ini," kata Sanusi.

BACA JUGA:

Dia berharap sodetan Kali Ciliwung bisa diselesaikan sehingga tidak ada lagi permukiman warga yang banjir.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada pukul 06.00 WIB mencatat sebanyak sembilan Rukun Tetangga (RT) di wilayah Jakarta Timur terendam banjir akibat curah hujan tinggi dan meluapnya Kali Ciliwung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: