Hari KORPRI 2023: Tema, Sejarah dan Kata-Kata Ucapan yang Cocok untuk Medsos

Hari KORPRI 2023: Tema, Sejarah dan Kata-Kata Ucapan yang Cocok untuk Medsos

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) merupakan organisasi profesi bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia. --

FIN.CO.ID - Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) merupakan organisasi profesi bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia. KORPRI didirikan pada tanggal 29 November 1971, bertepatan dengan HUT ke-25 Republik Indonesia.

Sebelum berdirinya KORPRI, PNS di Indonesia belum memiliki wadah organisasi yang dapat mengakomodasi kepentingan dan kebutuhannya. Hal ini menyebabkan PNS sering menjadi objek kepentingan politik dan kelompok-kelompok tertentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah membentuk panitia persiapan pembentukan KORPRI pada tanggal 22 Agustus 1971. Panitia ini diketuai oleh Dr. H. Adam Malik, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia.

BACA JUGA:


Pemkot Tangerang Tabur Bunga saat peringatan HUT Korpri-Rikhi Ferdian-fin.co.id

Pada tanggal 29 November 1971, KORPRI secara resmi didirikan dalam sebuah upacara di Jakarta. Upacara tersebut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto.

Dalam pidatonya, Presiden Soeharto menyampaikan bahwa KORPRI harus menjadi organisasi yang profesional, berintegritas, dan berjiwa nasionalisme. KORPRI juga harus menjadi organisasi yang mampu melayani masyarakat dan memajukan bangsa Indonesia.

Tema HUT Korpri 2023

Melansir laman resmi Kemendikbudristek RI, peringatan HUT ke-52 KORPRI 2023 mengusung tema “KORPRIKAN INDONESIA”.

 Tema ini dipilih untuk menekankan pentingnya peran KORPRI dalam membangun pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di Indonesia.

Tema “KORPRIKAN INDONESIA” mengandung makna bahwa KORPRI harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. 

KORPRI harus hadir di setiap lini kehidupan masyarakat, baik di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, maupun teknologi.

BACA JUGA:


Logo Korpri--

KORPRI harus menjadi garda terdepan dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. KORPRI juga harus menjadi penggerak kemajuan kebudayaan Indonesia. Selain itu, KORPRI juga harus berperan aktif dalam mengembangkan riset dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: