Viral Foto Sejumlah Perwira TNI AD Bertemu Gibran, Netralitas Dipertanyakan, Begini Faktanya

Viral Foto Sejumlah Perwira TNI AD Bertemu Gibran, Netralitas Dipertanyakan, Begini Faktanya

Pertiwat TNI berpose dengan dengan Gibran--Viral

FIN.CO.ID- TNI AD merespon tuduhan dari sastrawan Goenawan Mohamad yang mengunggah foto cawapres Gibran Rakabuming Raka berpose bersama sejumlah anggota TNI aktif. 

Melalui unggahan Goenawan Mohamad di akun X, dia mempertanyakan netralitas TNI jelang Pilpres 2024. 

"Perwira-perwira AD ini datang ke Solo menghadap Gibran, calon wapres yang sedang disiapkan untuk menang. Netralitas TNI?" tulis Goenawan di X, dikutip pada Minggu 12 November 2023.

Goenawan sendiri punya pengikut di akun X sebanyak 1,3 juta lebih. Sehingga unggahan itu banyak menuai reaksi netizen. 

BACA JUGA:


Akun X Goenawan Mohamad--

Menanggapi itu, akun X milik TNI AD akhirnya merespon dan mengklarifikasinya.

Dijelaskan bahwa foto itu diambil saat kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan ( Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad tanggal 4 hingga 8 September. 

"Yth. Bapak Goenawan Mohamad, dengan segala kerendahan hati, Dinas Penerangan Angkatan Darat perlu mengklarifikasi. Bahwa foto ini diambil dalam kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan ( Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad yang dilakukan dari tanggal 4-8 September 2023 dengan sasaran 10 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Termasuk didalamnya Kodim 0726/ Sukoharjo dan Kodim 0735/Surakarta" tulis keterangan akun X milik TNI AD. 

Dilanjutkan bahwa foto itu diambil dalam rangkaian kegiatan kunjungan TNI AD ke beberapa instansi, seperti Pemkot Sukoharjo, Sritex, Konimex, dan Pemkot Solo. Sehingga foto itu tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024.

BACA JUGA:

"Kehadiran walikota Solo dalam foto itu tidak ada kaitannya dengan status sebagai Capres/ Cawapres , karena foto itu diambil tanggal 7 September 2023 sebelum Walikota Solo diajukan dan mendaftarkan diri ke KPU sebagai Cawapres" katanya. 

"TNI AD akan selalu memegang teguh komitmen netralitas TNI sesuai apa yang diamanatkan dalam UU No. 34 tahun 2004, Pasal 39. Dan UU No 7 tahun 2017, tentang Pemilu," pungkas TNI AD. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: