Sejarah Toyota dari Mesin Tenun hingga Sukses di Tangan Kiichiro Toyota

Sejarah Toyota dari Mesin Tenun hingga Sukses di Tangan Kiichiro Toyota

Kendaraan produksi pertama, truk Toyoda Model G1, 1935--

fin.co.id - Berjarak 341 km dari Ibu Kota Jepang, Tokyo, Kota Nagoya ternyata menyimpan sejarah tumbuhnya seorang pengusaha jenius di balik lahirnya sebuah perusahaan otomotif raksasa dunia bernama Toyota.

Di antara suasana pedesaan Nagoya yang sejuk, di depan hamparan sawah yang menghadap ke gunung, ANTARA berkesempatan menyambangi Sakichi Toyoda Memorial House, rumah yang menjadi saksi bagaimana salah satu nama yang paling dikenal di industri otomotif global memulai perjalanannya.

Selain itu, kami juga berkunjung ke museum Toyota Kuragaike Commemorative Hall yang terletak di samping Taman Kuragaike, untuk melengkapi dan mendalami kisah inspiratif tersebut.

Ternyata, kedua tempat ini menceritakan bahwa perusahaan otomotif raksasa dunia itu tidak berawal dari bisnis kendaraan, melainkan mesin pemintal dan tenun.


Cikal bakal Toyota

Sosok yang bertanggung jawab atas Toyota hingga menjadi seperti sekarang ini adalah Kiichiro Toyota.

Lahir pada 11 Juni 1894 sebagai anak tertua dari pasangan Tami Sahara dan Sakichi Toyoda, seorang tukang kayu, penemu, juga pengusaha industri tenun, ia tumbuh sebagai anak yang tertarik pada ilmu pengetahuan.

Kiichiro segera mendaftar ke universitas untuk mengejar bidang yang diinginkannya. Ia menerima gelar dari Fakultas Teknik Tokyo Imperial University departemen Teknik Mesin pada tahun 1920.

Kemudian, ia segera bergabung dengan perusahaan ayahnya Toyota Boshoku, yang pada saat itu bertanggung jawab untuk membuat peralatan mesin dan suku cadang untuk alat tenun industri.

BACA JUGA:

Kiichiro pun melakukan perjalanan ke San Francisco, London, dan Oldham, antara bulan Juli 1921 dan Februari 1922 untuk mempelajari industri pemintalan dan pertenunan yang lebih berkembang di sana.

Meski berniat untuk mempelajari teknologi yang dapat diterapkan pada industri pertenunan di Jepang, khususnya untuk memajukan bisnis keluarganya, Kiichiro sebetulnya tertarik pada industri mobil.


Mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, pasalnya, perusahaan ini tidak dimulai dengan membuat sesuatu yang berhubungan dengan mobil.

Sang ayah, Sukichi Toyoda, menemukan alat tenun otomatis revolusioner “Model G Toyoda” pada tahun 1926, sebuah inovasi yang sangat disambut baik di Jepang, karena alat tenun tersebut cukup canggih di masanya, termasuk dapat berhenti otomatis ketika terjadi masalah.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: