Berikut Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Klik di Sini!

Berikut Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Klik di Sini!

Ilustrasi sumpah pemuda--istimewa

FIN.CO.ID- Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Sumpah Pemuda adalah peristiwa sejarah penting di Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. 

Pada hari itu, pemuda-pemuda Indonesia dari berbagai suku, agama, dan latar belakang budaya berkumpul di Jakarta untuk mengadakan Kongres Pemuda II. 

Di acara tersebut, mereka bersama-sama berikrar untuk bersatu dan berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Pada saat itulah, Sumpah Pemuda diucapkan, yang menegaskan tekad untuk memiliki satu bahasa, satu tanah air, dan satu bangsa, yang kemudian menjadi semangat persatuan dalam perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia. 

Hari Sumpah Pemuda diperingati untuk menghormati peristiwa bersejarah ini dan untuk merayakan semangat persatuan dan nasionalisme yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda.

BACA JUGA:


Kata-kata bijak ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023 yang ke-95 tahun.--canva.com

Di tahun 2023, Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 diperingati pada Hari Sabtu 28 Oktober 2023 dengan tema “Bersama Majukan Indonesia”

Bagi Anda yang sedang mencari contoh teks pridato Hari Sumpah Pemuda, berikut ini kami sajikan sebagai referensi:

Contoh 1:

Hadirin yang saya hormati....

Hari ini, kita berkumpul di bawah langit biru yang sama seperti yang dilihat oleh para pejuang Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Kita berkumpul untuk mengenang dan merayakan semangat mereka, semangat yang membakar hati generasi muda untuk bersatu, berjuang, dan meraih kemerdekaan.

Sumpah Pemuda adalah tonggak sejarah yang mempersatukan pemuda-pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang budaya. Mereka bersatu demi cita-cita besar, yaitu satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air. Semangat itu bukanlah semangat yang lemah atau cepat pudar. Semangat itu adalah bara yang terus membakar, seperti api yang tak pernah padam dalam hati generasi muda.

BACA JUGA:

Terkadang, kita sebagai generasi muda mungkin merasa kewalahan oleh berbagai tantangan di dunia ini. Globalisasi, teknologi, perubahan iklim, dan masalah sosial yang kompleks bisa membuat kita merasa cemas. Namun, ingatlah, kita memiliki warisan Sumpah Pemuda yang selalu mengingatkan kita akan kekuatan persatuan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: