Ternyata Ini Alasan Jokowi Pilih Andi Amran Sulaimain Jadi Menteri Pertanian

Ternyata Ini Alasan Jokowi Pilih Andi Amran Sulaimain Jadi Menteri Pertanian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan kembali melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian di Padang, Rabu, (25/10/2023). -ANTARA/Muhammad Zulfikar-

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) blak-blakan memilih Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo.

Jokowi mengatakan, dipilihnya Amran menjadi Mentan karena dinilai memiliki pengalaman di bidang tersebut.
"Biar langsung kerja. Karena beliau (Mentan) dulunya Menteri Pertanian," kata Jokowi, Rabu 25 Oktober 2023.

Andi Amran yang sebelumnya juga menjabat sebagai Mentan pada masa kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla periode 2014-2019, dinilai Jokowi telah memahami dan mengerti tentang penanganan pertanian di Tanah Air.

Sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan Presiden Jokowi kembali memberikan mandat kepada menteri kelahiran Kabupaten Bone 27 April 1968 tersebut.

"Jadi tidak usah diajarin, tidak perlu lagi belajar birokrasi, tidak perlu lagi harus mengetahui siapa dirjennya. Usai dilantik, ketika itu juga langsung bekerja," kata Presiden.

Kepada awak media massa, Jokowi mengatakan tugas Andi Amran Sulaiman ialah mengupayakan agar produksi beras atau padi meningkat sesuai target yang diberikan kepala negara.


BACA JUGA:

Menurutnya, dengan meningkatkan produksi padi atau beras di Tanah Air maka harga beras di pasar dapat dikendalikan atau diturunkan. Dengan demikian, daya beli masyarakat tetap dapat terjaga dengan baik.

"Jadi, produksinya harus melimpah," ujarnya.

Untuk diketahui, Andi Amran pernah bekerja di PTPN XIV. Ia bahkan sempat menjabat sebagai kepala bagian logistik di BUMN tersebut. Setelah kariernya di PTPN, Amran membuat beragam inovasi di bidang pertanian sesuai dengan jurusan kuliahnya di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Profil Andi Amran Sulaiman

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali melantik Andi Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian (mentan) di Istana Negara, Rabu pagi 25 Oktober 2023 pagi. 

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024.

Usai pembacaan Keppres yang dilakukan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Nani Purwati tersebut, Presiden Joko Widodo kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Amran Sulaiman.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Amran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: