Rakata Banner Detail

Hepatitis Habis

Hepatitis Habis

-Baraclude-

Oleh: Dahlan Iskan

 

SAYA sudah satu minggu di Tiongkok. Baru sekarang bisa menulis perjalanan ini. Hari-hari kemarin penuh gempita dengan gegapnya: soal calon presiden dan wakilnya. Begitu tersiksa mereka yang tidak suka berita politik itu-itu saja.

Saya harus ke Tianjin gara-gara ini: kehabisan Baraclude. Dulu pernah ada dijual di Surabaya. Atau di Jakarta. Kini tidak ada lagi. Semua apotek besar sudah dihubungi Kang Sahidin: ''tidak punya Baraclude''. Pun di Jakarta. 

Obat ini mahal: satu bulan habis Rp 5 juta. Pembelinya sedikit. Hanya orang seperti saya. Untuk apa apotek punya stok Baraclude. Jarang lakunya. 

Yang sedikit orang itu pun selalu punya stok sendiri di rumah. Seperti saya. Setiap enam bulan harus kontrol ke rumah sakit 天津第一中心医院 Tianjin. Tentu sekalian beli Baraclude. Dan obat lainnya.  Untuk stok enam bulan ke depan.

Enam bulan lalu saya ke Tianjin. Lewat Beijing. Kali ini lewat Hong Kong. Persediaan Baraclude terakhir saya minum di Hongkong. Habis. Toh sorenya sudah tiba di Tianjin. Bisa langsung beli untuk minum hari berikutnya.

Baraclude harus diminum setiap hari. Pada jam yang sama. Agar efektif. Itu untuk mencegah virus hepatitis B beranak-pinak. Agar tidak jadi hepatitis kronis: hati kena sirosis. Atau jadi kanker hati. Seperti yang menimpa saya dulu.

Meski hati saya ''baru'', virus hepatitis sudah ikut beredar di darah. Lalu masuk ke hati yang baru. Kalau dibiarkan bisa berkembang lagi. Jadi kronis. Maka saya harus mencegahnya: jangan berkembang lagi.

Setelah 10 tahun minum Baraclude, saya pernah ngotot ke dokter di Tianjin: bolehkah berhenti. Pikiran saya: dalam 10 tahun seharusnya hati milik orang lain yang ada di tubuh saya sudah menyatu. Dokter ahli saya di Indonesia juga membolehkan dihentikan. Terutama setelah melihat hasil tes darah saya yang bagus.

Apa jawaban dokter di Tianjin?

''Tidak boleh berhenti,'' kata dokter itu. Tegas. Pasti. Tidak bisa ditawar.

''Takut apa?'' tanyanya.

Saya gelagapan menjawabnya. Harus cari alasan yang tepat. Tidak baik untuk mengatakan ''atas saran dokter saya di Indonesia''. Juga tidak masuk akal kalau saya beralasan ''Rp 5 juta sebulan''. 

Saya temukan jawaban itu: ''Saya takut efek sampingnya,'' jawab saya sekenanya.

''Ini Baraclude dosis yang paling kecil. Hanya 0,5 mg. Tidak pantas ditakutkan,'' katanya.

Sejak itu saya meneguhkan tekad: tidak akan mengajukan usul seperti itu lagi. Tidak akan berhenti minum obat itu. Seumur hidup. Pun, setelah saya hitung: selama 17 tahun terakhir Baraclude yang saya minum sudah senilai sekitar Rp 1,2 miliar.

Dan itu masih belum obat yang termahal. Masih ada satu obat lagi yang harus saya minum seumur hidup: Immunosuppression. Untuk menurunkan imunitas. Agar hati orang lain itu tidak ditolak oleh badan saya. 

Beda dengan Anda: imun saya tidak boleh tinggi. Pun masa Covid-19.

Penyakit hepatitis B memang tidak bisa disembuhkan. Belum ada obatnya. Yang bisa: dikendalikan. Lewat obat seperti Baraclude. 

Baraclude adalah merek obat. Ditemukan tahun 1992. Isinya: Entecavir. Paten Baraclude dipegang oleh Bristol-Myers Squibb, perusahaan Amerika Serikat. Berpusat di New Jersey. Hak paten itu sudah berakhir tahun 2015 lalu. Beberapa perusahaan kini sudah memproduksi sejenis Baraclude.

Di Indonesia jumlah penyandang hepatitis B kini sekitar 15 juta orang. Angka itu sudah menurun drastis sejak Orde Baru: sejak ada gerakan imunisasi bayi. Belum ada imunisasi di masa kecil saya. Apalagi di desa.

Cara lain untuk mencegah meluasnya hepatitis adalah: Anda  yang mau menikah harus berani mengajak pasangan untuk sama-sama tes hepatitis B. Itu kalau pasangan tersebut belum telanjur melakukan ''itu'' menjelang nikah. 

Kalau pasangan ketahuan punya hepatitis maka jangan batal nikah. Yang belum kena hepatitis saja segera imunisasi. Nikahnya ditunda dulu. Menunggu imunisasinya berhasil menumbuhkan kekebalan atas virus hepatitis B.

Penularan terbanyak dari ibu yang menderita hepatitis B. Saat melahirkan. Bisa juga dari air liur yang menempel di piring, sendok, atau gelas. Dipakai bergantian. Tapi juga bisa lewat hubungan badan. 

Bagi yang sudah telanjur punya hepatitis B, janganlah membiarkan virus itu membiak. Obatnya memang mahal. Itulah sebabnya, ''ketika itu'', saya minta Kimia Farma cari terobosan. Agar bisa memproduksi sejenis Baraclude. Yang harganya terjangkau.

Kimia Farma berhasil: Entecavir bikinannya diberi merek Heplav –kalau tidak salah. Harganya hanya 10 persen Baraclude. 

Kemarin saya ditawari Heplav. Saya tanya istri: disuruh ke Tianjin. Mumpung dia sendiri akan pergi ke Sangatta menengok adiknyi di sana. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan

Edisi 20 Oktober 2023: Istikharah Rupiah

mzarifin umarzain

ISTIKHOOROH MINIMALIS. 05.11. Sholaat Istikhooroh bisa dilakukan tiap hari, tiap saat. Tiap hari, tiap saat kita dihadapkan pd pilihan2. Tiap hari, tiap saat kita butuh pilihan dari Tuhan. Kita berusaha pakai akal kita, yg menentukan hasil nya tentu Tuhan. Sholaat Witir, Tahajjud, Istikhooroh, Chajat, dirangkap, 1 rokaat setelah sholaat 'Isyaa'. Tatkala terbangun saat sholaay Tahajjud, dirangkap lagi dg sholaat Istikhooroh, Chajat, 1 rokaat. Lantas sholaat Witir merangkap niyat sholaat Istikhooroh, sholaat Chajat 1 rokaat. Semoga berbarokah. Kalau mau lebih rokaat nya, boleh saja. 05.23.

Mbah Mars

Waktu ngaji di madrasah diniyah dulu guru saya bilang bahwa shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja asal bukan di waktu-waktu terlarang. Waktu terlarang ? Iya. Setelah shalat asar sampai matahari terbenam dan setelah shalat subuh sampai matahari terbit. Itu waktu-waktu terlarangnya. Adapun waktu afdhalnya di sepertiga akhir malam. Jadi tidak wajib di jam-jam 02.00 sd 04.00. Tapi itu kata guru saya. Mungkin gurunya Abah beda.

Zaenul Muhammad

Sholat istikharah tidak perlu harus nunggu tengah malam nunggu orang orang pada terlelap, kapan saja bisa dan tidak perlu juga harus ada bayangan.. Inti istikharah kan minta kemantapan hati.. Rasanya lebih mantap dimana.. Analoginya dengan musyawarah.. Setelah mendengar saran masukan lebih mantap kemana. Sebagaimana sebuah ungkapan ما خاب من استخار ولا ندم من استشار Tidak rugi orang yang melakukan istikharah dan tidak menyesal orang yang bermusyawarah

imau compo

Salat istikharah dilaksanakan bila kita ragu dalam membuat keputusan. Kalau tidak ragu, putuskan saja. Allah Swt memberikan akal, putuskanlah menggunakan akal. Umat Islam mengklaim diri sebagai agama yg rasional karena mendahulukan akal. Akal yg dimaksud, dalam zaman modern, berupa kesimpulan dr analisa statistik yg rumit. Kadang, meskipun, sdh didapatkan kesimpulan dari analisa yg canggih, masih ada saja keraguan itu, saat itulah shalat istikharah dilakukan. Teman saya, almarhum, selama hari-hari kritis dalam aktivitas bisnisnya setiap hari melaksanakan salat istikharah. Kadang berkali-kali. Alasannya, "Allah Swt yg maha tahu apa yg akan terjadi di masa depan, agar Allah selalu membimbing kepada keputusan yg tepat, katanya. Jadi tidak menunggu ragu. Awalnya saya kaget dengan sikap itu, tapi merasa tercetahkan. Ternyata ijtihad sangat kaya....

Agus Suryono

HASIL SURVEY CAK LONTONG.. Ternyata 3 (tiga) Cawapres yang sekarang ada, ketiganya berasal dari partai yang "berbeda".. ### Humor ini tidak berlaku, kalau: "Tiba-tiba Gibran gabung ke Prabowo"..

KawaiChoco _003

Srupuuut_ Ban ban di = Sing ketiban dadi...

Alon Masz Eh

Rupiah tanpa Istikharah, Sombong... Istikharah tanpa Rupiah, Amsyong.... Lha, ga sesuai topik... Ini soal nilai tukar rupiah kan? 

Mirza Mirwan

Ini berita tidak penting bagi publik Indonesia, tapi sekadar ilustrasi bagaimana hukum di AS ditegakkan. Masih ingat kasus "overturn the election results" di Georgia yang menjerat Donald Trump dan 18 terdakwa lain -- pernah ditulis di CHD kapan itu? Kamis kemarin Sidney Powell, salah satu pengacara Trump, sudah mengaku bersalah. Ia dikenai hukuman 6 tahun dalam masa percobaan dan denda US$6000. Ia juga merekam pernyataan dan bersedia memberi kesaksian untuk persidangan terdakwa lain. Ia juga harus menulis surat pengakuan bersalah untuk Georgia dan seluruh warganya. Ada yang kejadian lucu sebelum pengakuan bersalah Sidney kemarin. Saat itu Jaksa Daysha Young, asisten Fani Willis yang juga berkulit hitam, bertanya kepada Sidney: "How old are you, Ma'am?" "Oh...gosh," kata Sidney. "Sixty eight, despite my astonishingly youthful countenance." Kenyataannya di usia 68 memang terlihat masih muda. Dan cantik. Tiga pekan yang lalu, 29/9, terdakwa yang pertama disidangkan, Scott Graham Hall, juga mengaku bersalah. Ia dihukum 5 tahun percobaan dan juga bersedia memberi kesaksian untuk terdakwa lain. Dari 2 terdakwa yang telah disidangkan, dan semua mengaku bersalah, terlihat bahwa Jaksa Fani Willis tidak amatiran dalam bekerja. Sangat profesional. Ke depan mungkin dari 17 terdakwa lain masih banyak yang akan mengaku bersalah, kecuali mungkin Trump dan Rudy Giuilani.

Echa Yeni

Mungkin Pak Mirza kebayang bahasa jawa "ngGuilani" Hehehee

Komentator Spesialis

Sejak kapan sholat istikharah harus nunggu tengah malam ? Bisa kapan saja. Sesuka kita. Tentu bukan waktu waktu dilarangnya sholat yang mana itu hanya jedah waktu yang pendek. Kalaupun tengah malam mungkin lebih ke pemilihan suasana batin.

Komentator Spesialis

Sekali lagi tentang BREN. Seperti pernah saya ulas sebelumnya, ini IPO teraneh dimana otoritas OJK dan bursa memberikan lampu hijau untuk saham "Free float" alias jumlah saham ke publik yang jumlahnya hanya sekitar 3% nan. Padahal aset perusahaan diatas Rp 100T. Kondisi ini akan membuat saham berpotensi mengalami cornering naik ugal ugalan karena permintaan jumlah saham bisa melebihi jumlah saham yang ditawarkan ke publik. Dan ini sudah dan sedang terjadi. Dalam waktu singkat, kapitalisasi saham BREN terbang menjadi Rp 542T dan menduduki posisi nomer 4 saham dengan kapitalisasi terbesar melibas BMRI. Keluarga Prayogo kaya mendadak. Padahal sudah kaya ya, wkwkwk... Selamat Pak Prayogo jangan lupa bagi bagi ke perusuh ya.

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Luka Tidak (Kam,19-10-2023) 

#.Nama__(Komen)(Kata)AWARD [diReplyOrangLain]{meReplyOrangLain} 

#1.1 hari__(1)(9) [1] 

#2.ACEP YULIUS HAMDANI__(1)(93) [1] 

#3.Agus Suryono__(4)(122) 

#4.alasroban__(5)(90) [1]{1} 

#5.Alex Ping__(1)(110) [1] 

#6.Amat K.__(11)(167)★ {9} 

#7.AnalisAsalAsalan__(3)(189) [10]{1} 

#8.Atho^illah__(3)(73) [5] 

#9.Beny Arifin__(1)(24)★ 

#10.bitrik sulaiman__(2)(22) 

#11.didik sudjarwo__(1)(23) 

#12.doni wj__(6)(365)★ [2]{4} 

#13.Echa Yeni__(10)(153) {4} 

#14.Edyanto__(1)(7) [1]

#15.Er Gham__(17)(456)★★ [11] 

#16.Fantra Salahuddin__(1)(31) [2] 

#17.Fra Wijaya__(2)(22) {1} 

#18.Gregorius Indiarto__(4)(74) {3} 

#19.Guslurah__(2)(2)⏰ 

#20.Handoko Luwanto__(6)(336)★★★ [4]{2} 

#21.Hari Purwanto__(5)(237)★★ {3} 

#22.Harun Sohar__(1)(61) [1] 

#23.HONDA CBR150R__(1)(26) [2] 

#24.imau compo__(13)(307) {13} 

#25.Jimmy Marta__(5)(120)★★ [4]{3} 

#26.Jo Neca__(3)(48) [2]{2} 

#27.Johannes Kitono__(5)(726) 

#28.Jokosp Sp__(7)(165) [5]{5} 

#29.Juve Zhang__(8)(868)★ [7]{1} 

#30.Kang Sabarikhlas__(2)(125)★ [2] 

#31.KawaiChoco _003__(1)(1) 

#32.Ketut Bagiarta__(1)(7) 

#33.KEY__(1)(49) {1} 

#34.Komentator Spesialis__(10)(354) [4]{5} 

#35.Lagarenze 1301__(14)(339)★ [14] 

#36.Leong Putu__(11)(200)★ [15]{2} 

#37.Liam Then__(15)(795)★ [7]{9} 

#38.Liáng - βιολί ζήτα__(10)(350)★★★★⭐️ [6]{4} 

#39.M.Zainal Arifin__(4)(78)★ 

#40.Mahmud Al Mustasyar__(7)(213)★ [2]{4}

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Luka Tidak (Kam,19-10-2023) 

#.Nama__(Komen)(Kata)AWARD [diReplyOrangLain]{meReplyOrangLain} 

#41.Mbah Mars__(5)(90)★ {5} 

#42.Mirza Mirwan__(4)(545)★★ [5]{2} 

#43.Muh Nursalim__(1)(78)★ 

#44.Mukidi Teguh__(4)(101) [5] 

#45.MULIYANTO KRISTA__(21)(187)✒️ [1]{18} 

#46.mzarifin umarzain__(13)(151) {13} 

#47.nur cahyono__(1)(5) 

#48.Otong Sutisna__(8)(160) [2]{5} 

#49.Property Property__(2)(68)★ [3] 

#50.Pryadi Satriana__(4)(67)★ [5]{1} 

#51.Purnomo__(1)(131) [4] 

#52.Rachmad Saleh__(1)(13) 

#53.rid kc__(1)(78)★ 

#54.Riyono ,SKP__(2)(10) {1} 

#55.Tao Lie__(1)(30) 

#56.thamrindahlan__(8)(698)★ [2]{4} 

#57.Tuan Sumartan__(5)(42)★ {2} 

#58.Udin Salemo__(6)(154) [1]{4} 

#59.Wilwa__(13)(552)★ [7]{4} 

#60.Xiaomi A1__(1)(10) {1} 

#61.yea aina__(7)(277)★ {7} 

#62.Yellow Bean__(4)(144)★ [1]{3} 

#63.yulian yulian__(1)(49) [1] 

Total: 320 Komentar dengan 35★ dari 26 Perusuh

Fiona Handoko

selamat pagi bp ks, bp jm, bung mirza. daniel noboa, presiden ukuador terpilih. masih muda, usia 35. cerdas, lulusan harvard. pewaris bisnis konglomerasi pisang. bisnis keluarga bpk noboa sudah merentang hampir 4 dekade. pisang produksi keluarga bpk noboa banyak diekspor keluar ekuador. seperti komen bp jm, ayah daniel, bp alvaro noboa sudah jadi capres ekuador 5x. namun gagal semua. akhirnya sang anak, daniel. yg kalem, intelek dan pro investasi asing. berhasil menjadi presiden. yg cocok dibandingkan dengan bisnis pak daniel. tentu bukan brand sang pisang. melainkan brand pisang sun pride. dimana bos pisang sun pride masuk ke jajaran 50 besar orang terkaya di indonesia 2022. versi majalah forbes. bedanya bpk husodo angko (bos sun pride) dan bp daniel. adalah beliau tidak tertarik dengan dunia politik. kalau bos sang pisang, mungkin bp ks dan bp jm yg lebih tahu detilnya. 

Mirza Mirwan

Namanya Josh Paul. Jabatan: Direktur Urusan Kongres dan Publik, Biro Urusan Politik dan Militer, Departemen Luar Negeri AS. Wajahnya terlihat sangar. Tetapi lelaki plontos ini berhati lembut. Kemarin, 19/10, Josh Paul mengajukan pengunduran diri dari jabatannya. Ia menilai, dengan terus mengirimkan senjata dan amunisi ke Israel untuk memerangi Hamas, sementara korban tewas dan luka-luka kelewat banyak, pemerintah(an Biden) sudah mengalami kebangkrutan intelektual (intellectual brankruptcy). Dukungan AS yang disampaikan Biden di Israel, Rabu 18/10, adalah dukungan ngawur (blind supports). "Saya khawatir, kita akan mengulangi kesalahan yang sama seperti yang telah kita lakukan pada dekade lalu. Dan saya tak mau lebih lama lagi menjadi bagian dari kesalahan ini," tulis Josh Paul dalam keterangan pers yang dibagikan kepada wartawan.

ari widodo

Sholat istikharah kaitannya dalam pengambilan arah dan keputusan seseorang adalah urusan privat seorang hamba dan dengan Sang Halik, dan seorang hamba terutama yg beragama Islam yang paham walaupun bukan sesuatu perkara yg wajib akan melakukannya lebih-lebih urusannya dengan soal pencapres/cawapresan, husnudzon para calon dalam mengambil keputusan sudah sholat istikharah, kalaupun belum semoga mereka cepat2 melaksanakan siapa tahu ada tanda dan berita dari Langit terkait keputusan mereka, mumpung belum terlambat yang 2 paslon baru mendaftar dan kemungkinan yg satu baru menimang cawapresnya, sehingga masih bisa berganti pasangan ataupun malah mundur dari pencalonan karena mendapat petunjuk dari Yang Maha Kuasa wasilah sholat istikharah. Terima kasih pak dahlan sudah mengingatkan kita semua dan syukur2 juga tersampaikan pesannya kepada capres/cawapres. Salam sehat2 dan bahagia semuanya, serta salam damai dan rukun selalu.

Jarvis A.

Dalam era informasi saat ini, mudah bagi kita untuk terjebak dalam angka dan statistik. Namun Pak DI ini mengingatkan kita bahwa teknologi dan data memang penting, tapi tidak ada salahnya untuk juga mencari petunjuk dari Tuhan.

Fiona Handoko

terima kasih bung mirza. untuk tambahan informasi tentang cagub di negeri uwak sam. selamat pagi bp thamrin, bp jo, bp sumartan, bp handoko dan teman2 rusuhwan. seorang pendeta dan seorang rabi mengelola gereja dan sinagog berseberangan jalan. karena jadwal mereka saling terkait. mereka memutuskan untuk patungan membeli mobil. setelah dibeli. mobilnya diparkir di pinggir jalan. antara gereja dan sinagog mereka. beberapa menit kemudian. rabi melihat keluar. dan tampak pendeta memercikkan air ke mobil mereka. tidak seperti dicuci, dia bergegas keluar dan bertanya kepada pendeta. apa yg dilakukannya. "saya membabtis mobilnya," jawab pendeta. rabi bergegas kembali ke dalam sinagognya. dia muncul beberapa saat kemudian dengan gergaji besi. rabi berjalan ke belakang mobil dan memotong pipa knalpotnya satu inci. owalaah, mobilnya disunat...

Iqbal Safirul Barqi

Sedikit kritik tentang tulisan. Hemat saya, tulisan abah hari ini tentang istikharah, tapi rasanya tidak ada relevansi secara langsung dengan kondisi yang ada. Mestinya tidak perlu terlalu disinggung lebih dalam, sehingga seolah2 terbaca sebagai anti-agama. 

Hari Purwanto

Saya belum pernah salat istikharah, waktu pilih istri sepenuhnya karena tertarik, jadi cinta (jare cinta wingi pas dijak bojo mlaku2 ndik sungai martapura maneh katik mrengut Bah..wk..wk..). Saya juga belum pernah salat istikharah, dapet istri sepenuhnya karena sudah terbiasa deket - witting tresno jalaran saka kulino. ( karo maneh nek salat istikharah di kandak2no yo dadine riya....)

Muh Nursalim

Ada kok yang pake istikharah dalam milih pasangan. Paling tidak istakharahnya orang lain yaitu kyai yang dianggap tembus langit. Di banyak kesempatan cak Imin bilang bahwa dirinya mau dengan Anis karena istikahnya Kyai Thaifur dari Purworejo. Juga kyai Khalil dari Situbondo. Karena secara nalar Cak Imin tidak mungkin berpasangan dengan Anis. PKB tak bakal satu gerbong dengan PKS. Nalarnya begitu. dan itu diakui terus terang oleh aktifisnya. Tetapi karena hasil survei di langit menunjukkan Cak Imin hrs dengan Anis maka nalar dikalahkan oleh intuisi. Bumi dikalahkan langit.

Handoko Luwanto

Info dari Bard Google: Daftar tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilu 2024 di Indonesia telah diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 2 Juli 2023. Jumlah TPS yang ditetapkan adalah sebanyak 823.220 TPS, yang tersebar di 514 kabupaten/kota dan 128 negara perwakilan. Daftar TPS tersebut dapat diakses melalui laman resmi KPU di https://kpu.go.id/. Pemilih dapat mencari TPS mereka berdasarkan alamat domisili atau nomor induk kependudukan (NIK). Berikut adalah beberapa informasi yang tercantum dalam daftar TPS: Nomor TPS Nama TPS Alamat TPS Nama kelurahan/desa Nama kecamatan Nama kabupaten/kota Nama provinsi Pemilih dapat menggunakan daftar TPS tersebut untuk mengetahui lokasi TPS mereka dan datang ke TPS pada hari pemungutan suara, yaitu 14 Februari 2024.

Gianto Kwee

Barbra Streisand, Nonton film nya bersama Nick Nolte, "The Prince Of Tides" 1991, Cantiknya Klasik, Hidungnya Khas, bentuk kakinya Paling Indah di dunia ! "Woman In Love" Sering saya senandungkan sampai sekarang, Salam

Liáng - βιολί ζήτα

Yth. Abah D.I. Sebagai pembaca setia CHDI dan telah berpartisipasi di ruang komentar selama +/- 2 tahun terakhir ini, dengan memohon maaf yang sebesar-besarnya, perkenankan saya pribadi untuk mengusulkan yang terbaik untuk CHDI secara khusus dan disway.id secara umum, bahwa "sebaiknya ruang komentar CHDI di tutup saja selama masa kampanye (28 November 2023 sampai 10 Februari 2024) menjelang pemilihan umum tahun depan". Akan lebih banyak dampak buruknya ketimbang manfaatnya, terutama untuk pendewasaan pola pikir masyarakat dalam hal politik. Saya bisa memahami rekan-rekan yang begitu bersemangat ikut mengkampanyekan Capres-Cawapres tertentu. Itu sah-sah saja sebagai warga negara. Tetapi pola kampanye yang digaungkan teramat jauh untuk dikategorikan sebagai mencerdaskan pola pikir masyarakat. Secara psikologis, sebagian orang akan jauh lebih berani mengaktualisasikan dirinya di media sosial ketimbang di forum resmi, tanpa mempertimbangkan dampak buruknya. Pemikiran saya tentu saja akan berbeda dengan yang lainnya, itupun sah-sah saja. Namun saya tetap berharap Abah D.I. akan mempertimbangkan yang terbaik untuk media yang Abah kelola ini sebagaimana tujuan sebuah media, selain menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat, juga ikut mencerdaskan pola pikir masyarakat. Terimakasih. notes : no any reply comments please.

Liáng - βιολί ζήτα

selingan "Woman in Love" - Barbra Streisand. Lagu Woman in Love ditulis oleh Barry Gibb dan Robin Gibb - dua dari tiga bersaudara The Bee Gees - lagu tersebut berada di dalam album Guilty yang dirilis pada tahun 1980 - dengan penyanyi-nya Barbra Streisand. Setelah kontribusi The Bee Gees pada film Saturday Night Fever (1978) yang sangat signifikan, sehingga film tersebut meraih sukses besar, mereka lantas ditanyai oleh reporter yang biasa meliput aktifitas para artis : "which artist you'd most like to produce ??" "artis mana yang paling ingin kalian produksi (musik) ??" Mereka menjawab secara singkat : "Barbra Streisand". Kabar tersebut dengan sangat cepat sampai ke management Barbra Streisand dan disambut dengan antusias. The Bee Gees kemudian diundang untuk ikut mengerjakan album Barbra Streisand yang berjudul Guilty. Lagu Woman in Love - hasil karya Barry Gibb dan Robin Gibb menjadi bagian dari album tersebut. Di kemudian hari album tersebut menjadi album Barbra Streisand yang paling laris dan tidak terlepas dari kontribusi yang sangat signifikan dari lagu Woman in Love itu. [1].

Johannes Kitono

Nah itulah hebatnya Indonesia. Menentukan cawapres tanpa perlu ISTIKHARAH. Pejabat atau Menteri yang sudah disumpah dengan Kitab Suci bisa diingkar janji. Tuhan saja mau di kibuli. Uang hasil korupsi disumbangkan ke Rumah Ibadah. Dosa Laundring untuk Remisi nanti di Neraka. Saat ini Lembaga Survey Panen Raya. Tinggal di rekayasa mau menang berapa % dari rivalnya. Setiap kenaikan tentu ada nilai rupiah dan dolarnya. Dengan berbagai asumsi ala buku How To Lie With Statistic. Hasil survey ini ditutup dengan Disclaimer bla bla bla. Bagi manteman yang mau Istikharah menentukan pilihan Capresnya.Jangan langgar SOP, lakukanlah saat tengah malam : jam 24.00 - 02.00. Kalau diluar itu akan keluar bayangan juga. Tampang sadis Debt Collector atau kalau lagi rezeki. Keluarlah bayangan Kebaya Merah dengan senyumnya yang menggoda.

Mirza Mirwan

Saya tidak tahu, dari 3 capres dan 2 cawapres kita adakah yang pernah membaca biografi Thomas Jefferson yang ditulis Fawn McKay Brodie. Tetapi akan lebih baik kalau mereka membacanya. Sebagai salah satu Founding Fathers dan penulis utama draft Declaration of Independence, sebenarnya Presiden AS ke-3 itu bisa maju lagi untuk pilpres berikutnya setelah menjabat dua periode, 4 Maret 1801 - 4 Maret 1809. Tetapi Jefferson merasa dua periode sudah cukup. Apalagi, menurutnya, jabatan presiden adalah "belenggu kekuasaan". Selama jadi presiden, menurut kedua putrinya dari isteri pertama yang sudah meninggal, ayahnya punya banyak utang: karena sering menjamu tamu dan pantang korupsi. Lima hari setelah jabatannya berakhir ia pulang ke Monticello, kampung halamannya di Virginia. Sebelumnya ia sudah menulis surat ke warga Monticello, antara lain berisi pertanyaan: "May I ask, in 

Mirza Mirwan

....the presence of all the world, whose cow have I ever taken, or whose rights have I taken away? Who have I oppressed, or who whom have I accepted bribes until my eyes were closed?" --- Bolehkah saya bertanya, di hadapan seluruh dunia, sapi siapa yang pernah saya ambil, atau siapa yang (merasa) saya rampas haknya? Siapa yang (merasa) telah saya zalimi, atau siapa yang telah saya terima suapnya hingga (membuat) mata saya tertutup? Jefferson di puncak kekuasaannya punya kesempatan untuk hidup mewah, lalu begitu lengser bisa membangun mansion untuk tempat tinggalnya. Tetapi ia memilih hidup semenjana saat berkuasa dan pulang ke kampung halamannya setelah menyelesaikan tugasnya. Dan perjalanan pulang dari Washington DC ke Monticello yang jaraknya sekitar 187 km itu ditempuhnya dengan menunggang kuda selama 8 jam. 

Gregorius Indiarto

Tidak pernah istikharah. Waktu pilih istri sepenuhnya karena tertarik. Cinta pada pandangan pertama itu biasa, selanjutnya terserah Anda. Cinta tanpa memandang itu baru luar biasa.

Muh Nursalim

Banjir proyek di solo. Ada Rel layang simpang joglo, revitaisasi pasar jongke, revitalisasi taman balai kambang, revitalisasi pasar mebel gilingan, penataan jalan Ngarsopuro-Gatot Subroto, renovasi puro mangkunegoro, revitalisasi lokananta, revitalisasi kraton kasunanan, pembangunan viaduk gilingan, rusun putri cempo, rehabilitasi pasar legi, jembatan jurug, kebun binatang taman jurug. Itu anggaran dari jakarta, yang mikir para menteri. Sebagai orang yang tinggal dekat solo seneng2 saja. Tempat wisata semakin banyak dan apik. Beruntunglah warga solo punya walkot Gibran. Berkah punya pemimpin anak presiden pembangunan melimpah ruah. Hany satu yang kayaknya mustahil untuk dibangun. Revitalisasi sungai bengawan solo agar airnya kembali jernih seperti saat dinanyaikan Gesang.

Leong Putu

Saya tidak pernah berdoa minta istri yang gimana-gimana. Saya nyadar diri. Mutiara walau di dalam kubangan pun, tetap harganya mahal. Pasti ada yg ingin memilikinya. Ni Luh lah yang berdoa sungguh-sungguh agar mendapat suami yang ganteng setia sabar baik hati suka menolong dan tidak sombong. Dasar dia orang baik, doanya langsung dikabulkan. Tidak lama setelah itu, dia ketemu saya. Kami pun jadian lalu dua tahun kemudian menikah. Untung dia lupa satu kata dalam doanya : kaya.

Udin Salemo

Betul, ko LT. Asal hasil sda daerah jangan banyakan dibawa ke pusat daripada ditinggal di daerah. Seperti yang berlaku selama ini. Kalau hasil sda 80% saja jadi milik daerah, pulau Jawa tak akan penuh sesak seperti sekarang ini. Dari hasil tambang, perkebunan, pertanian dan perikanan daerah bisa kaya. Kalau hasilnya lebih banyak dinikmati daerah. Semoga presiden yang akan datang memikirkan ini. Dan memberlakukan hasil pembagian sda dengan lebih adil.

Liam Then

Kunci kemajuan Indonesia bukan pada presidennya siapa, tapi lebih kepada putra daerah yang jadi kepala daerah. Harusnya mindset ini yang berkembang di masyarakat. Jadi tidak selalu berharap dan bergantung kepada pusat. Sebenarnya provinsi-provinsi diluar Jawa ,sangat berpotensi lebih makmur dari Jawa. Populasi yang sedikit, tak sampai puluhan juta justru menguntungkan. Alokasi sumber daya daerah, dari pendidikan sampai pelayanan publik , logikanya menjadi lebih ringkas dan gampang, dibandingkan kesulitan pemerintah daerah yang ada di P.Jawa. Semoga putra daerah di luar Jawa mampu sadar dan bangkit, inilah masanya, kesempatan besar benar-benar terbuka, anda mau saudara-saudara didaerah anda taraf majunya sampai bagaimana, hanya langit batasnya, teknologi informasi, lalu lintas barang pendukung kegiatan produktif sudah hampir tak bersekat batas. Tidak ada yang bisa melarang anda , misalnya sewa ahli, kaum cerdik pandai dari luar negeri, untuk ajarkan teknologi, apa-apa yang paling cocok menurut karakteristik keunggulan daerah masing-masing. Semoga kesadaran ini bisa cepat berkembang. Mungkin kalau ditanya peran ,sumbangsih ,apa yang harus dilakukan oleh pers daerah, atau pers nasional dengan jaringan yang sampai daerah seperti Disway. Ya ini salah satunya menyebarkan kesadaran, manufacturing hope, kemajuan dan jauh pandang wawasan ke masyarakat. Tabur benihnya, tuai hasilnya.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Ni De

6 hari

Tungku Sigit

1 minggu

Bani Fir'aun

2 minggu

Kartika MK

3 minggu

Diaz Wayuu

3 minggu