Hutama Karya Beri Pelatihan Kewirausahaan Kepada UMK Binaan di rest Area 215B Ruas Tol Terpeka

Hutama Karya Beri Pelatihan Kewirausahaan Kepada UMK Binaan di rest Area 215B Ruas Tol Terpeka

Hutama Karya Beri Pelatihan Kewirausahaan Kepada UMK Binaan di rest Area 215B Ruas Tol Terpeka-Credit Image: Hutama Karya-

FIN.CO.ID – Sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan ekonomi UMK binaan, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yaitu HK Peduli Kreatif menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan produk unggulan di rest area 215B ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) Provinsi Lampung pada hari Kamis 12 Oktober 2023 hingga Jumat 13 Oktober 2023.

Mengusung tema “Rest Area Gems”, kegiatan ini diikuti oleh 16 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing pemilik unit usaha di rest area 215B dan seluruhnya bergerak di bidang kuliner dengan sasaran untuk meningkatkan pengetahuan seputar kewirausahaan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan proyek percontohan sebagai bentuk pendampingan dari program pengembangan usaha mikro dan usaha kecil (UMK) dalam upaya meningkatkan kompetensi para pelaku usaha yang berada di kawasan Jalan Tol Terpeka.

“Pelatihan yang diberikan kali ini merupakan bentuk dari kegiatan berkelanjutan karena membina UMK berarti membentuk pola pikir masyarakat untuk menjalankan kegiatan kewirausahaan secara baik serta membantu UMK naik kelas dan tumbuh lebih besar dengan partisipasi aktif para peserta,” ujar Tjahjo.


Pelatihan kuliner UMK binaan Hutama Karya-Credit Image: Hutama Karya-

BACA JUGA:

Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan bahwa materi yang disampaikan juga disesuaikan dengan kebutuhan peserta yang selama ini merasa belum mampu mengembangkan varian produk unggulannya, sehingga perusahaan mendorong untuk menumbuhkan kemauan dalam membuka peluang dan berinovasi dari segi produk, pelayanan hingga promosi.

“Setelah pelatihan ini, perusahaan akan melakukan pendampingan usaha lanjutan kepada masing-masing UMK selama 6 bulan kedepan secara intensif dengan harapan bisa meningkatkan jumlah pendapatan UMK yang lebih efektif,” pungkas Tjahjo.

Hutama Karya berkolaborasi dengan BenihBaik.com dan menggandeng para profesional untuk memberikan pelatihan dan memfasilitasi para pelaku UMK guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha masing-masing. 

Adapun penyampaian materi pada pelatihan antara lain mengenai mindset kewirausahaan yang disampaikan oleh Rahmad Adhi Pratomo (Digital Marketer), materi mengenai diferensiasi produk, hingga demo masak menu baru oleh Juniari Virarnado (Wirausahawan Kuliner).

BACA JUGA:

Di sisi lain, Winarti sebagai salah satu peserta pelatihan mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan dan pengembangan produk serta berterima kasih kepada Hutama Karya atas kesempatan serta pendampingan yang diberikan kepada seluruh peserta.


Pelatihan kuliner UMK binaan Hutama Karya di Rest Area JTTS 215B-Credit Image: Hutama Karya-

“Momen ini betul-betul kami manfaatkan untuk belajar karena kami sadar masih banyak aspek yang harus disiapkan dalam membangun usaha dan kami berupaya lebih percaya diri untuk menjalankannya agar dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMK disini,” ujar Winarti.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: