Suhu Panas

Suhu Panas

--

Oleh Dahlan Iskan

RERATA suhu badan ternyata mengalami penurunan 0,5 persen. Selama 10 tahun terakhir. Itu bukan hasil penelitian di Indonesia –yang minggu ini mungkin suhu rerata badan naik paling tinggi.

Terutama setelah ormas ProJokowi (Projo) mengadakan rapat kerja nasional Sabtu kemarin. Wali Kota Solo nan putra sulung Presiden Jokowi hadir. Gibran. Meski hanya 15 menit. Presiden hadir. Ketika Gibran sudah pergi. Ketua umum partai-partai pendukung Prabowo hadir. 

Anda sudah tahu: justru capres yang akan mereka dukung yang tidak hadir: Prabowo Subiyanto. Sampai-sampai rakernas ditutup mendadak: justru para pimpinan rakernas yang ke rumah Prabowo. Di situlah Projo resmi deklarasi: mendukung Prabowo. Itu, kata Ketua Projo, sudah mendapat restu Presiden Jokowi.

Penelitian turunnya rerata suhu badan dilakukan di Amerika. Melibatkan 30 juta orang. Turun dari 97,9 Fahrenheit ke 86,7 derajat. Berarti penyakit radang dan pembengkakan saluran darah menurun.

Tapi tekanan darah tinggi mungkin justru naik di rerata orang Indonesia. Terutama yang sudah telanjur cinta Jokowi sekaligus cinta PDI-Perjuangan dengan Capres Ganjar Pranowo-nya.

Ada yang menyebut minggu ini adalah puncak perang dingin. Bahkan bisa menjadi perang terbuka. 

Jangan takut: itu perang politik. Tidak ada Hamas, Palestina, dan Israel di situ.

Ada. Sedikit. 

Soal sepak bola Piala Dunia yang batal digelar di Indonesia. Salah satunya gegara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menuruti sikap Ketua Umum Megawati Soekarnoputri: tolak kedatangan tim Israel.

Perang politik itu sudah melanda grup-grup WA. Grup orang-orang NU terbelah ke tiga sikap: pro Ganjar, pro Prabowo, dan pro Amin. Seru sekali. Melibatkan suara langit.

Yang juga beredar sangat luas adalah sikap Goenawan Mohamad. Pendiri majalah TEMPO. Sastrawan kelas ayatullah. Kini juga pelukis. 

Awalnya berupa banner di medsos. Isinya: kekecewaan kelas berat GM atas sikap Presiden Jokowi di akhir masa jabatan keduanya. 

Itu bukan kekecewaan biasa. GM menyatakan dirinya adalah pendukung Jokowi. Pendukung aktif. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Kalah Takut

1 hari

Madura Kaili

1 minggu