Gym Ball Exercises Mampu Meningkatkan Keseimbangan dan Kontrol Postural Siswa

Gym Ball Exercises Mampu Meningkatkan Keseimbangan dan Kontrol Postural Siswa

Universitas Esa Unggul melalui Program Studi Fisioterapi, Ilmu Komputer, dan Manajemen menyelenggarakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat pada bulan Oktober 2022--

FIN.CO.ID - Universitas Esa Unggul melalui Program Studi Fisioterapi, Ilmu Komputer, dan Manajemen menyelenggarakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat pada bulan Oktober 2022.

Tim Dosen Universitas Esa Unggul yang terdiri dari: Dr. Jerry Maratis, Ftr., M.Fis (Dosen Fisioterapi), Alfian (Dosen Ilmu Komputer), Drs. Mulyo Wiharto, MM, dan Ir. Fachmi Tamzil, MM (Dosen Manajemen) bersama Mahasiswa Fisioterapi menggelar Program Kemitraan Masyarakat bekerja sama mitra dengan SMPIT Ummu’l Quro Depok yang dilaksanakan secara offline.

Jerry Maratis salah satu Dosen Fisioterapi UEU sebagai ketua dalam kegiatan ini mengatakan acara PKM untuk meningkatkan kebugaran dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan melalui pelatihan Gym Ball Exercises, edukasi kesehatan diri dari Pak Mulyo dan Pentingnya berpikir kritis disampaikan oleh Pak Alfian, S.Pd., M.Pd kepada siswa dengan interaktif.

Sebelum penyampaian materi oleh narasumber dilakukan pretest terlebih dahulu untuk mengukur pengetahuan siswa lalu setelah penyampaian materi juga diberikan posttest untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan siswa dengan orientasi kepada siswa dan siswi kelas 8 pengurus OSIS.

Jerry menambahkan kegiatan ini selain meningkatkan wawasan tentang manfaat Gym ball Exercises, juga dapat meningkatkan keterampilan dalam melakukan Gym Ball Exercises.

"Alhamdullilah respon dari para siswa SMPIT Ummu’l Quro Depok sangat besar, terlihat dari hasil pretest dengan nilai rata-rata 60 dan nilai postest rata-rata 80 yang artinya terjadi peningkatan wawasan dan pengetahuan terkait materi abdimas dan mengikuti tahap demi tahap jalannya kegiatan PKM ini," ucapnya.

Dari kegiatan ini, para siswa memahami penting dan manfaatnya Gym Ball Exercises dan kemampuan berpikir kritis.

Terima kasih kepada LPPM Universitas Esa Unggul yang mendukung penuh kegiatan abdimas ini, Kepala Sekolah SMPIT Ummu’l Quro Depok sehingga terselelenggara dengan baik dan diikuti dengan minat dan antusias dari siswa-siswi SMPIT Ummu’l Quro Depok.

Pengabdian Masyarakat dengan skema Program Kemitraan masyarakat ini didanai oleh dana hibah internal UEU dengan berkolabarasi antara dosen dan mahasiswa dengan beberapa prodi yaitu prodi fisioterapi, prodi ilmu kesehatan, dan prodi teknik informatika. Dosen fisioterapi bernama Dr. Jerry Maratis, Ftr., M.Fis, Dosen Ilmu Kesehatan bernama : Drs.Mulyo Wiharto, MM, Dosen Teknik Informatika bernama : Alfian, S.Pd.,M.Pd, Dosen PAMU UEU bernama Ir.Fachmi Tamzil, MM.

Jerry Maratis, mengatakan pada PKM yang dilaksanakan di SMPIT Ummu’l Quro Depok .

Tema yang dihadirkan pada PKM yakni PKM Peningkatan Kebugaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Gym Ball Exercises dan Critical Thinking di SMPIT Ummu’l Quro Depok.

Jerry pun menjelaskan kegiatan abdimas ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan gym ball exercises.

Antusiasme dari para siswa dan siswi yang menjadi peserta pun sangat besar hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan siswa dan siswi SMPIT Ummu’l Quro Depok dan semangat mempraktekkan gym ball exercises dan penerapan berpikir kritis.

"Alhamdullilah respon dari para siswa dan siswi sangat besar, mereka pun sangat tertarik pada kegiatan kami terutama saat kegiatan dan praktek gym ball exercises dan penerapan berpikir kritis, mereka terlihat antusias dan mengikuti tahap demi tahap kegiatan abdimas ini," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: