Sahabat Polisi Siap Dukung Capres yang Berkomitmen untuk Sejahterakan Anggota Polri

Sahabat Polisi Siap Dukung Capres yang Berkomitmen untuk Sejahterakan Anggota Polri

Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh dan Kasubag Diseminasi Informasi Humas Polri AKBP Fauzan Arianto-Istimewa-

FIN.CO.ID – Organisasi Sahabat Polisi Indonesia mensyaratkan komitmen kesejahteraan untuk anggota Polri bagi seluruh capres yang akan bertanding dalam Pilpres 2024 mendatang. Sahabat Polisi Indonesia menegaskan dukungan politik bakal diberikan kepada Capres manapun yang berkomitmen mensejahterakan anggota Polri.

Menurut Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia Fonda Tangguh, kondisi anggota Polri yang belum hidup sejahtera, menjadi faktor pertimbangan utama arah dukungan organisasi tersebut.

"Hingga saat ini, kami belum memutuskan dukungan untuk Capres manapun. Tetapi kata kuncinya cuma satu, siapa yang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan anggota Polri, pasti kami dukung," kata Fonda dalam keterangan tertulis kepada awak media, Sabtu 14 Oktober 2023. 

Fonda pun menjelaskan para bakal Capres mungkin sudah mengumumkan sikap mereka secara terbuka soal masa depan Polri. Namun demikian, baginya, pernyataan seluruh Capres itu belum ada yang secara tegas mendorong perbaikan nasib dan kesejahteraan anggota Polri.

BACA JUGA:

Misalnya, ungkap dia, Anies Baswedan yang mendorong pengembangan profesionalisme dan kompetensi anggota Polri sebagai langkah untuk meningkatkan kinerja kepolisian. Kemudian Ganjar Pranowo yang mendorong reformasi Polri serta Prabowo Subianto yang berharap kehadiran personil kepolisian yang unggul untuk mengatasi permasalahan keamanan di Indonesia.

"Karena tak ada yang menyinggung soal kesejahteraan Anggota Polri, bagi kami, (mungkin) belum ada figur Capres yang 'menarik'. Serius, kami hanya akan mendukung Capres yang berkomitmen mensejahterakan hidup Anggota Polri," ucapnya.

Fonda mengklaim Sahabat Polisi memiliki sekitar 10 ribu anggota yang tersebar di 10 DPW (setingkat provinsi) dan 28 DPC (setingkat kabupaten/ kota) di seluruh Indonesia. Pria plontos ini pun mengaku sejumlah pihak sudah menanyakan kemana arah dukungan organisasinya dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Saya tak mau sesumbar. Tapi kira-kira dukungan 10 ribu anggota itu cukup berharga bagi Capres," singgung dia.

BACA JUGA:

Sebagai informasi, Sahabat Polisi Indonesia merupakan organisasi yang paling konsisten memperjuangkan kelayakan hidup anggota Polri. Selain mendorong kenaikan gaji Anggota Polri, Sahabat Polisi juga sering mendesak pemerintah memperhatikan tunjangan pendidikan dan sosial bagi anggota keluarga personel kepolisian. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: