Trust Indonesia: Lewat Kaesang, Jokowi Ingin Tingkatkan Posisi Tawar di Depan Mega

Trust Indonesia: Lewat Kaesang, Jokowi Ingin Tingkatkan Posisi Tawar di Depan Mega

Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal-Istimewa-

FIN.CO.ID - Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal meyakini terpilihnya Kaesang sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai langkah untuk meningkatkan posisi tawar Jokowi di hadapan Megawati. 

Pasalnya, dengan keberadaan PSI, Jokowi memiliki tangan langsung dan resmi untuk mengkonsolidasikan dukungan kelompoknya kepada salah satu pasangan Capres.

“Kan lewat Kaesang dan PSI, Jokowi nantinya bisa melakukan cawe-cawe secara resmi. Jokowi pun secara resmi bisa mengkonsolidasikan kekuatan pendukungnya lewat partai,” kata Azhari dalam keterangan tertulis, Jumat 29 September 2023. 

Bagi Azhari, ini bukan soal PSI yang dianggap sebagai partai kecil. Menurut dia, PSI di tangan Kaesang akan menjadi medium bagi anak sang Presiden untuk mengkonsolidasikan dukungan relawan Jokowi kepada Prabowo. 

Terlebih, kedekatan yang sudah terjadi antara sejumlah relawan Jokowi dengan PSI. Kondisi ini, ungkap Azhari, praktis membuat PSI akan serta merta menjadi alat tawar Jokowi dengan pihak mana pun, termasuk Megawati.

“Jadi ini bukan soal PSI adalah partai kecil atau partai besar. Ini soal bagaimana PSI disiapkan sebagai alat untuk mengkonsolidasikan kekuatan Pro Jokowi dan menjadikannya sebagai medium untuk meningkatkan bargaining position,” ujarnya.

BACA JUGA:

Azhari menyebut manuver ini tentu akan berkaitan erat dengan posisi tawar Jokowi di Pilpres. Hingga saat ini, belum dideklarasikannya pasangan Cawapres Ganjar oleh PDIP, membangun persepsi bahwa pasangan Ganjar memang belum mendapatkan restu dari Jokowi. 

Pun sebaliknya, ungkap Azhari, boleh jadi lewat ini (Kaesang jadi Ketum PSI) Jokowi ingin menekan Mega untuk merestui Ganjar sebagai Cawapres Prabowo.

“Analisanya memang bisa kemana-mana. Bisa jadi, ini untuk menekan Mega agar menjadikan Ganjar sebagai Cawapres Prabowo. Tetapi poin-nya, Jokowi ingin meningkatkan posisi tawar di depan Mega,” kata Azhari.    

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo resmi menjadi Ketua Umum PSI di dalam forum Kopdarnas PSI, Senin 25 September 2023 kemarin. Hingga saat ini, meski belum menentukan secara resmi dukungannya kepada capres, tetapi PSI tampak selalu hadir dalam deklarasi dukungan partai koalisi kepada bakal Capres Prabowo Subianto. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: