Misteri Kotak Suara Keluarkan Asap di Pilkades Serentak Tangerang, Hal Magis Atau Upaya Sabotase?

Misteri Kotak Suara Keluarkan Asap di Pilkades Serentak Tangerang, Hal Magis Atau Upaya Sabotase?

Surat Suara yang Rusak Diduga Akibat Terbakar di Dalam Kotak Suara yang Keluar Asap Pada Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang--Rikhi Ferdian Untuk FIN

 

Kotak Suara Keluarkan Asap di Pilkades Serentak Tangerang -- Kejadian kotak suara pilkades mengeluarkan asap di Desa Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Minggu (24/9/23), masih menjadi misteri.

Berbagai spekulasi bermunculan mulai dari dibumbui oleh hal magis hingga adanya upaya sabotase untuk membakar surat suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, Yayat Rohiman mengungkapkan, akibat peristiwa tersebut 4 surat suara yang sudah dimasukkan ke dalam kotak suara, rusak.

Namun demikian hingga kini, Yayat memastikan, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Tangerang khususnya di Desa Pasir Nangka, Tigaraksa, berlangsung dengan kondusif.

"Ada 4 surat suara yang rusak terbakar dan dinyatakan tidak sah," terangnya kepada wartawan, Minggu 24 September 2023.

Menurutnya, para calon kepala desa itu pun sudah menyepakati 4 surat suara yang diduga terbakar akibat kejadian kotak suara mengeluarkan asap itu pun tidak sah.

Kata Yayat, para calon kades itu pun tidak mempermasalahkan adanya kerusakan pada 4 surat suara yang akhirnya dinyatakan tidak sah itu.

"Semua para calon, sudah sepakat, bahwa empat surat suara itu menjadi suara tidak sah," tukasnya.

Kapolsek Tigaraksa AKP Agus Ahmad Kurnia saat dikonfirmasi enggan menanggapi terlalu jauh kejadian tersebut.

Karena menurutnya, pihak kepolisian hanya bertugas dari sisi pengamanannya saja atau di luar TPS. Sementara, peristiwa kotak suara yang mengeluarkan asap itu terjadi di dalam TPS.

"Soal itu (kotak suara berasap) kita tidak bisa berkomentar karena kejadiannya di dalam TPS," ujarnya.

Pun demikian, saat disinggung apakah polisi menemukan adanya upaya sabotase dari pihak-pihak tertentu pada pelaksanaan pilkades serentak itu, Agus mengaku pihaknya belum menyelidiki lantaran saat dikonfirmasi FIN, proses penghitungan suara masih berlangsung.

"Soal itu belum kita selidiki karena proses penghitungan masih berlangsung. Nanti kita informasikan lagi," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, dihebohkan oleh peristiwa  kotak suara pilkades yang tiba-tiba mengeluarkan asap.

Peristiwa yang membuat geger ini terjadi pada pelaksanaan pilkades serentak di Desa Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Minggu 24 September 2023.

Dalam video yang beredar petugas KPPS berupaya membuka kotak berwarna putih bertuliskan Kotak Suara Pemilihan Kepala Desa Pasir Nangka Tahun 2023.

Sementara, kepulan asap yang belum diketahui dari mana asalnya terus keluar melalui lubang kotak surat suara.

Petugas pun sempat berupaya membongkar paksa kotak suara dengan cara memukulnya berulang-ulang. Hingga setelah berhasil dibuka kepulan asap keluar dari dalam kotak tersebut.

Melihat hal itu para warga yang berada di lokasi pun menjadi heboh. Sementara petugas KPPS langsung mengeluarkan seluruh surat suara dari dalam kotak yang mengeluarkan asap tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: