Kans Airlangga Jadi Cawapres Prabowo 80 Persen

Kans Airlangga Jadi Cawapres Prabowo 80 Persen

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto--

Airlangga Cawapres - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai memiliki kans paling besar sebagai kandidat calon wakil presiden dari Prabowo Subianto. 

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti mengatakan, masukkan dukungan Partai Demokrat tidak memengaruhi dinamika kandidat cawapres di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres. 

Menurutnya, pilihan nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo sudah terlihat sejak awal KIM disepakati. 

Ray mengungkap, saat ini Prabowo memiliki tiga opsi nama bakal cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

"Nama pertama tentu saja ada Airlangga sebagai ketua umum partai politik, dalam hal ini Golkar. Yang menurut saya kansnya sampai 80 persen untuk dapat menjadi calon wakil presidennya Pak Prabowo," tutur Ray dalam Youtube BeritaSatu, dikutip Sabtu 23 September 2023.

Selain menjadi orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin, Airlangga juga menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. 

BACA JUGA:

Ia juga dipercaya menjadi panglima pengendalian pandemi Covid-19 sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). 

Nama Airlangga memang diusulkan Golkar untuk menjadi cawapres Prabowo.

Ray menambahkan, nama kedua yang jadi kandidat cawapres Prabowo adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Erick diusulkan menjadi bakal cawapres Prabowo oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

“Yang kedua Erick Thohir, seperti yang diusulkan PAN, saya kira kansnya 20-30 persen," ujar Ray.

Di luar dua nama itu, saat ini masih muncul nama lain yang berpotensi mendampingi Prabowo. Yakni, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. 

Namun, pencalonan Gibran masih terhalang syarat usia yang saat ini menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

“Kalau sekiranya MK tidak mengabulkan permohonoan itu, tinggal dua (Airlangga dan Erick)," tegas Ray.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: