Mengenal Apa Itu Layar AMOLED dan OLED pada HP Redmi Note 12 Pro dan Redmi 13 Pro, Mana yang Paling Jos?

Mengenal Apa Itu Layar AMOLED dan OLED pada HP Redmi Note 12 Pro dan Redmi 13 Pro, Mana yang Paling Jos?

Layar AMOLED dan OLED pada Android--Fin

Layar AMOLED dan OLED- Dalam dunia smartphone terutama Android, kadang kita mendengar salah satu spesifikasinya, yakni menggunakan layar AMOLED atau layar OLED. Seperti misalnya HP Redmi Note 12 Pro dan Note 13 Pro.

HP Xiaomi Redmi Note 12 Pro dirilis pada 31 Mei 2023 dengan menggunakan layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), refresh rate 120Hz, dan kecerahan puncak 900 nits.

Sementara itu, Redmi Note 13 Pro rencananya akan dirilis dalam waktu dekat di tahun ini. HP ini dikabarkan menggunakan layar OLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), refresh rate 120Hz, dan kecerahan puncak 1.500 nits. 

AMOLED dan OLED merupakan dua jenis layar yang menggunakan dioda pemancar cahaya organik (OLED). 

AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light-Emitting Diode. Layar AMOLED memiliki transistor aktif yang mengontrol setiap piksel, sehingga menghasilkan kontras yang lebih tinggi dan hitam yang lebih pekat.

BACA JUGA:


Redmi Note 11 pro vs Redmi Note 12 pro--

Sementara OLED adalah singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. Layar OLED tidak memiliki transistor aktif, sehingga konsumsi dayanya lebih rendah dibandingkan layar AMOLED.

Perbedaan Layar AMOLED dan OLED

Kecerahan

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara layar AMOLED dan OLED pada Redmi Note 12 Pro dan 13 Pro adalah kecerahan puncak. 

Redmi Note 12 Pro memiliki kecerahan puncak 900 nits, sedangkan Redmi Note 13 Pro memiliki kecerahan puncak 1.500 nits.

Kecerahan puncak yang lebih tinggi memungkinkan Redmi Note 13 Pro menampilkan gambar yang lebih jelas dan tajam di bawah sinar matahari yang cerah.

BACA JUGA:

Kontras

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: