Huawei Mate 60 Pro HP 'Sakti' dengan Kirin 9000s yang Bikin Amerika Ngamuk, Tahan Air Hingga Kedalaman 6 Meter

Huawei Mate 60 Pro HP 'Sakti' dengan Kirin 9000s yang Bikin Amerika Ngamuk, Tahan Air Hingga Kedalaman 6 Meter

Huawei Mate 60 Pro -fin-Huawei -

Huawei Mate 60 Pro - Peluncuran Huawei Mate 60 Pro membuat Amerika Serikat (AS) ngamuk-ngamuk. Penyebabnya adalah HP Huawei Mate 60 Pro menggunakan Chipset Kirin 9000s.

Ini adalah prosesor yang dikembangkan sendiri oleh Huawei melalui mitranya di China, Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC). Chipset Kirin 9000s adalah chip pertama Huawei untuk keluar dari tekanan dan boikot AS. 

Chipset Kirin 9000s ini dikembangkan Huawei bersama SMIC melalui pemrosesan teknologi canggih 7 nanometer (nm).

Amerika yang tidak menyangka Huawei bisa memproduksi chipset canggih tanpa menggunakan teknologinya, langsung kebakaran jenggot. Alhasil, Washington meningkatkan sanksi kepada perusahaan-perusahaan China.

Kirin 9000s yang digunakan pada Huawei Mate 60 Pro adalah pengganti mesin EUV.  Sejak akhir 2020, China dilarang mengimpor alat EUV tersebut. Akhirnya, Huawei pun mengembangkan Industri semikonduktor tanpa EUV. 

Huawei dan SMIC berhasil memproduksi chip 7nm dengan mengubah mesin DUV yang lebih sederhana.

Sebelumnya, AS melarang chip semikonduktor—sirkuit elektronik yang menyimpan data komputer dijual kepada perusahaan China. 

AS menganggap chip semikonduktor tersebut adalah teknologi informasi dan komunikasi yang bisa menjadi ancaman keamanan nasional.

Departemen Perdagangan AS telah menempatkan Huawei dan 70 afiliasinya dalam daftar hitam yang dilarang membeli suku cadang dan komponen dari perusahaan AS.

BACA JUGA:


Huawei Mate 60 Pro -fin-Huawei -

Menyadari hal tersebut, Huawei pun bertekad tidak lagi tergantung dengan suku cadang AS. Huawei akhirnya mengembangkan chipset sendiri bersama mitra lokalnya SMIC.

Tak hanya chipset. Huawei juga berani menggunakan Android tanpa Google Apps. Huawei Mate 60 Pro diciptakan dengan sistem operasi alias OS sendiri bernama HarmonyOS 4.

Terbukti, sejak diluncurkan pekan lalu, Huawei Mate 60 Pro laris manis di China. Tercatat sudah 1 juta unit Huawei Mate 60 Pro ludes terjual selama masa pra order 5 hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: